Sun, 21 July 2024

6 Tips Sukses Lulus UTBK Yang Harus Kamu Tahu!

Reporter: Prise | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 226 kali

Tue, 31 May 2022
Sumber : Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) telah dibuka mulai 28 Mei-3 Juni 2022 mendatang. UTBK sendiri merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT dinilai sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang memiliki keunggulan karena hasil tes bersifat kredibel, terstandar, dan nilai diberikan secara individu kepada peserta sesuai dengan kemampuan asli akademisnya tanpa manipulasi.

Persiapan menghadapi UTBK tentunya harus kamu tekankan agar memberikan hasil yang maksimal. Agar persiapan UTBK semakin matang. Berikut ini enam hal yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi seleksi UTBK.

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Berdoa

Percaya diri menjadi benteng pertahanan kita saat akan melaksanakan UTBK yang diibaratkan ketika kita akan menghadapi perang. Sesulit apapun soal UTBK akan teratasi karena kita percaya pada diri kita bahwa kita sudah belajar dengan sekuat tenaga. Berdoa dan meminta doa kepada orang tua juga harus dipanjatkan meskipun kita sudah berusaha namun kita juga perlu rida Allah dan rida orang tua.

2. Pelajari Soal Tahun-Tahun Sebelumnya

Mempelajari soal dari tahun-tahun sebelumnya sangat penting dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam membasmi soal-soal UTBK. Selain itu, kita juga dapat mengetahui tingkat kesulitan soal-soal UTBK dari tahun ke tahun.

3. Ikuti Tryout UTBK Secara Rutin dan Evaluasi Hasilnya

Mengasah kemampuan belajar dengan mengikuti Tryout UTBK bertujuan untuk dapat mengukur kelemahanmu dan pemahamanmu. Bimbingan belajar online dan Tryout gratis juga sudah banyak disediakan media-media pembelajaran untuk memudahkan kita mengaksesnya.

4. Membuat Rencana Belajar

Kamu bias membuat rencana belajar dengan cara menggolongkan mata pelajaran (mapel) yang belum dikuasai. Pastikan mapel yang paling susah dipahami menjadi prioritas. Kemudian, mapel tersebut diatur jadwal belajarnya. Untuk menghindari kebosanan belajar, kamu bisa mengkombinasikan dengan materi yang lebih ringan.

5. Pahami Konsep Memahami Bukan Menghafal

Kalian harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS). Tipe soal yang diberikan pun akan berbeda setiap harinya. Maka ubah cara pandang dalam mengerjakan soal UTBK. Sebab yang dibutuhkan bukan hafalan, tetapi nalar dan logika dalam memahami konsep dasar topiknya.

6. Perbanyak Informasi Mengenai Jurusan dan PTN Impian

Melakukan riset akan membantu untuk mencari tahu segala sesuatu tentang jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kita impikan. Ini berguna agar kita dapat mengetahui informasi mengenai skor rata-rata yang lolos tahun-tahun sebelumnya, jumlah peminatnya, dan berapa banyak kuota mahasiswa baru yang diterima.

Itulah enam tips untuk kamu yang akan berjuang di UTBK 2022 ini, tetap semangat dan semoga diberikan kelancaran.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments