Video Viral Ini Ingatkan Kita Untuk Bertindak Bijak

JURNALPOSMEDIA.COM – Pada 29 Maret lalu, timeline Twitter ramai ketika akun @danedgustama memposting sebuah video yang mengundang banyak kecaman. Bagaimana tidak? Di tengah pandemi Covid-19, dalam video tersebut menunjukan suami istri yang berbelanja mengenakan APD di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Penyebarluasan virus corona di Indonesia memang sudah menginfeksi hampir seluruh provinsi. Melansir dari akun resmi covid19.co.id per Jumat (03/20) tercatat total ada 1.986 kasus yang tersebar di 32 provinsi, dengan 134 orang sembuh dan 181 orang yang merenggang nyawa.

Kepanikan dan ketakutanpun wajar dialami oleh masyarakat. Namun, bisakah dua alasan tersebut dijadikan pembenaran untuk melakukan hal yang berlebihan?

Seperti yang dilakukan sepasang suami istri (pasutri) yang berbelanja di toko swalayan dengan memakai hazardous material atau hazmat. Sontak para pengunjung panik melihatnya karena takut. Pakaian tersebut biasa digunakan tenaga medis sebagai APD (Alat Pelindung Diri) untuk menangani pasien corona.

Melihatnya pun memang agak menggelitik. Di sisi lain, ketika tenaga medis yang lebih membutuhkan APD, tiba-tiba ada orang yang memakainya di tempat umum, tidak terlalu mendesak pula.

Parahnya, ketika pihak swalayan menegur pasutri tersebut untuk melepas APD, mereka tidak mengindahkan teguran itu dan berbalik marah-marah kepada petugas.

Walaupun dalam keadaan panik dan takut, bijaknya kita dalam memperhitungkan tindakan harus dilakukan. Jika pasangan suami istri tersebut melakukan tindakan itu hanya untuk memproteksi diri, maka hal tersebut tidak dibenarkan karena hanya ingin menyelamatkan diri sendirian.

Di saat yang sama tenaga medis yang mempertaruhkan nyawa saja terpaksa hanya memakai jas hujan sebagai APD ketika menangani pasien corona. Keadaan berbalik yang membuat dahi mengernyit gemas.

Kadang, atau bahkan seringnya kita memang terlalu menuhankan kepentingan diri. Sampai-sampai lupa bahwa di sekitar kita ada orang-orang di batas hidup dan mati. Takut dan panik di tengah pandemi itu  wajar, tapi hilang empati dan simpati itu jangan.

Video Viral Pasangan Suami Istri Pakai APD saat Berbelanja di Swalayan

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.