“Paradigma” Photo’s Speak: Visualisasikan ‘Cara Pandang’ dalam Bidikan Foto

JURNALPOSMEDIA.COM – Sebanyak 62 foto buah karya sembilan pameris komunitas fotografi Photo’s Speak dipamerkan di Galeri Thee Huis, Taman Budaya Jawa Barat, Minggu, (14/3/2021). Kesemua foto dibidik berlandaskan “Paradigma” masing-masing pameris.

Ketua pelaksana, Robby Fathan Qorieb memaparkan bahwa paradigma merujuk pada cara pandang seseorang terhadap suatu hal. Pun lebih jauh, paradigma menjadi tempat berpijak dalam melihat sebuah realitas, “Paradigma yang akan mempengaruhi pandangan seseorang tentang baik buruknya sesuatu dan kami ingin memvisualisasikan hal-hal tersebut dalam sebuah gambar,” ungkap Robby.

Kemudian salah seorang pameris, Miftahudin Mulfi mengatakan realitas yang diraba oleh ‘paradigma’ disebutnya membuahkan ide baginya untuk mengangkat “Unexpected” sebagai tema dari foto-foto bidikannya. Dalam karyanya tersebut, ia berupaya menceritakan tentang ekspektasinya terhadap kehidupan di dunia perkuliahan yang dinilai serba enak, namun kenyataannya berbanding terbalik.

“Saya selalu membayangkan kehidupan kuliah yang bebas, jauh dari orang tua. Tapi nyatanya jauh dari orang tua tidak seenak itu,” ucapnya.

Mengawali pameran, Kepala Jurusan Jurnalistik UIN Bandung, Enjang Muhaemin membuka acara secara simbolis dengan pemotongan pita. Dihadirkan pula Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ) untuk turut memeriahkan acara.

Digelar di situasi pandemi, pengujung yang datang dibagi per sesi. Setiap sesinya hanya diperbolehkan masuk 10 orang dengan durasi 10 menit. Meski begitu, hal tersebut tidak menghilangkan antusias para pengunjung untuk menikmati foto.

Selain pameran foto, kegiatan yang diselenggarakan tahunan ini juga menggelar forum diskusi mengenai dunia fotografi. Diskusi diadakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Di antaranya, diskusi mengenai foto Zine bersama Red Raws Center, lalu diskusi pameris bersama hasil karyanya. Terakhir diskusi bersama Co-Founder 1000 kata, Mast Irham.

Penikmat foto juga dapat melihat karya pameris secara daring melalui aplikasi virtual exhibition dengan layout dan denah tempat yang sama.

Melalui kegiatan ini Robby berharap agar para anggota Photo’s Speak tidak berhenti dan puas untuk terus berkarya, “Semoga pameran ini bukan menjadi pameran terakhir. Serta (diharapkan) bisa menjadi pemicu anggota lainnya untuk terus berkarya,” tutup Robby.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.