Tetap Sehat Selama Ramadan, Yuk Lakukan 5 Hal Ini

JURNALPOSMEDIA.COM – Tidak terasa sudah masuk bulan suci Ramadan. Bulan yang dinanti-nanti umat Islam di seluruh dunia. Ini merupakan kedua kalinya kita berpuasa saat pandemi Covid-19. Eits, walaupun pandemi, semangat para pejuang Ramadan tentu tidak boleh luntur.

Saat berpuasa kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini agar proses pembuangan zat-zat beracun (detoksifikasi) dari dalam tubuh dapat terproses secara maksimal. Agar lebih jelasnya, kali ini akan dibahas mengenai tips agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Yuk langsung simak uraian berikut ini!

1. Jangan Melewatkan Sahur

Tips penting pertama adalah jangan melewatkan makan sahur. Sahur dapat menambah asupan energi selama seharian puasa hingga berbuka nanti. Saat sahur perhatikan juga asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat, serat, dan protein.

2. Hindari Makanan Berminyak dan Terlalu Manis

Di bulan puasa ini kita pasti tergoda dengan makanan gorengan. Walaupun menggiurkan, ternyata kurang baik memakan makanan yang mengandung minyak berlebih. Sebab dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kadar manis dalam makanan pun harus diperhatikan. Memang, makanan manis penting dikonsumsi saat berbuka, namun berbeda jika kadarnya berlebihan. Memakan makanan manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Perhatikan Kebutuhan Cairan

Selama puasa, pastikan tubuh kita tetap terhidrasi. Minumlah air sebanyak 8-12 gelas air putih sehari agar tetap fit saat berpuasa. Kemudian, cobalah untuk mengurangi  konsumsi kafein. Sifatnya yang diuretik (pendorong) dapat menyebabkan peningkatan buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang.

4. Tidur yang Cukup

Siapa nih yang sering bergadang? Selama berpuasa kebiasaan yang satu ini harus dikurangi. Hal ini karena tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental kita. Saat kita kurang tidur, itu akan memengaruhi metabolisme, suasana hati, konsentrasi, sampai berpengaruh ke sistem kekebalan tubuh.  Jadi setelah salat tarawih, usahakan segera tidur agar tubuh kembali bugar.

5. Olahraga

Tips yang terakhir adalah berolahraga. Puasa bukan berarti kita malas-malasan, ya. Jangan karena kita puasa kita jadi malas gerak alias mager karena letih, lelah, dan masih banyak alasan lainnya. Dikutip dari quranreading.com olahraga bisa dilakukan beberapa jam setelah berbuka puasa. Selain membantu mencerna makanan, juga menjaga metabolisme.

Itulah kelima tips agar tetap sehat selama puasa. Selama berpuasa, yuk kita tetap jaga kesehatan tubuh agar dapat memaksimalkan amalan-amalan puasa lainnya. Marhaban Ya Ramadhan!

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.