Berbagi Bunga dan Pesan Cinta, Peringati Hari Kanker Sedunia

JURNALPOSMEDIA-Dalam rangka memperingati World Cancer Day, Yayasan Kanker Indonesia tingkat Kota Bandung adakan kegiatan berbagi bunga dan pesan cinta. Guna mengedukasi masyarakat perguruan tinggi, khususnya mahasiswa mengenai pola hidup sehat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengelilingi area kampus 1 UIN Bandung, Selasa (4/2/2020)

Diwakili oleh sejumlah mahasiswi anggota Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pikma) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung. Acara ini pertama kali diadakan di UIN Bandung, dengan melakukan gerakan ini disambut baik di kalangan dosen dan mahasiswa.

Adapun, aksi ini diwarnai sejumlah lambang yang sarat makna. Bunga sebagai simbol romantis menjadi pelengkap dari pesan cinta yang berisi pengetahuan mengenai gejala kanker. Lalu pola makan serta pola hidup sehat untuk mencegah kanker.

“Karya bunga plastik ini merupakan salah satu pemanfaatan limbah plastik dari program ‘kangpisman’ sehingga menjadi sebuah hiasan yang indah. Kertas yang berisi pesan cinta juga bisa dimanfaatkan sebagai pembatas buku,” terang Koordinator Kegiatan, Novi Hidayati Afsari.

Lalu, padu padan warna busana yang dikenakan sejumlah relawan mahasiswi juga menjadi perhatian. Jilbab berwarna merah muda lembut mewakili kanker payudara yang banyak diderita oleh wanita. Sedangkan itu, warna putih melambangkan kanker paru-paru yang mayoritas diidap oleh pria.

Novi mengungkapkan walau kanker adalah bagian takdir tetapi kanker bisa dicegah melalui pola hidup serta pola makan yang sehat. “Kita juga harus memberikan dukungan, kepada pengidap kanker siapa pun itu,” ujar Novi yang juga menjabat sebagai Pembina Pikma.

Salah satu mahasiswi anggota Pikma UIN Bandung,  Husna Sobariyah memaknai kegiatan ini sebagai wujud kepedulian akan penderita kanker. Selain Husna, mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) UIN Bandung, Finandy Winarto yang menilai aksi ini sebagai bentuk menghargai dan mendukung. Tujuannya untuk para penderita kanker serta melindungi diri dari serangan kanker.

Salah satu Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung, Betty Tresnawaty turut menyuarakan pendapatnya perihal kanker yang secara dominan dapat dipicu oleh stres. Menurut Betty, diadakannya peringatan hari kanker di kampus UIN Bandung menyadarkan pentingnya gaya hidup sehat termasuk pola pikir yang sehat seperti halnya positive thinking.

“Jangan lupa tersenyum dan bahagia karena itu akan memicu hormon oksitosin yang menekan hidupnya sel-sel kanker. Jadi perasaan bahagia dan positive thinking bisa menekan sel-sel kanker,” pungkas Betty.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.