Tue, 16 April 2024

Menjelang Idul Adha, Mari Intip 4 Tips Memilih Hewan Kurban Bebas PMK!

Thu, 1 January 1970

JURNALPOSMEDIA.COM – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang tengah marak terjadi pada hewan ternak terkhusus hewan kurban, membuat sejumlah masyarakat resah menjelang Idul Adha saat ini.

Kerugian juga banyak dirasakan oleh para peternak akan ancaman kematian hewan ternak serta turunnya minat beli masyarakat yang disebabkan oleh penyakit ini.

Meskipun penyakit ini tidak beresiko menular kepada manusia,menjelang Idul Adha ini, banyak dari masyarakat yang khawatir akan kualitas daging ataupun olahan dari hewan ternak. 

Melansir dari Antara TV Indonesia, ada beberapa tips untuk memilih hewan kurban bebas PMK. Apa saja? Yuk, simak 4 tips yang harus diperhatikan masyarakat muslim.

1. Pastikan kamu memilih hewan kurban dengan usia yang diperkenankan

Tips yang pertama adalah memilih hewan kurban dengan usia yang diperkenankan. Kambing dan domba di syaratkan berusia di atas 1 tahun, sedangkan sapi dan kerbau minimal berusia 2 tahun.

2. Periksa kondisi fisik hewan kurban yang akan dibeli

Selanjutnya, pembeli bisa melihat kondisi fisik dari hewan yang masih terlihat segar dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Biasanya hewan terlihat segar dari matanya yang tidak sayu.

3. Pastikan berat badan ideal atau gemuk, bulu mengkilat, dan lincah

Tips selanjutnya ialah pastikan bahwa hewan kurban yang akan kamu beli memiliki berat badan ideal atau gemuk, memiliki bulu mengkilat, dan berperilaku lincah.

4. Pastikan ada surat keterangan kesehatan hewan

Kemudian yang perlu diperhatikan oleh pembeli hewan kurban, pastikanlah hewan kurban di beli di tempat penjualan atau penampungan hewan kurban yang hewannya sudah diperiksa oleh dokter hewan berwenang.

Nah, itu dia 4 tips yang harus diperhatikan oleh masyarakat muslim yang akan berkurban. Sangat penting bagi masyarakat terutama kaum muslim mengetahui tips ini agar tidak bingung memilih hewan kurban yang sehat. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kaum muslim yang akan melaksanakan kurban tahun ini, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments