Menggali Creative Millenials For Qualified Bussiness Media dalam Seminar Mindtalk

JURNALPOSMEDIA.COM- Bidang Intelektual dan Sosial (Insos) bersama Bidang Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung mengadakan seminar Mindtalk dengan mengusung tema “Creative Millennials For Qualified Business Media” Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aula Abjan Soelaeman dengan dihadiri oleh 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa UIN Bandung dan berbagai Pers Mahasiswa di luar UIN Bandung.

Ketua Pelaksana, Putri Atika mengatakan, seminar ini bertujuan untuk mengetahui dan melatih bagaimana seorang jurnalis menciptakan produk jurnalistik yang berkualitas dan kreatif.

“Seminar ini untuk mengembangkan produk yang berkualitas dan kreatif tentunya dengan media yang bisa bertahan lama sehingga, mempunyai penghasilan yang cukup,” ungkapnya.

Sesuai dengan tema, subtansi isi dari seminar ini membahas mengenai bagaimana jurnalis beradaptasi di era digitalisasi dengan memadukan idealitas dan bisnis media.

Pemateri Editor In Chief Tek ID, Insaf Albert menjelaskan, di era digitalisasi, keberadaan media sosial bukan untuk menyaingi media massa melainkan untuk pendukung.

“Media sosial salah satunya Twitter adalah angin segar, pendukung media,” tuturnya.

Ia juga memberika pemaparan mengenai tips untuk membuat Start-Up agar bisa memaksimalkan beberapa bisnis media bagi mahasiswa, salah satunya yang paling penting adalah memiliki komitmen yang kuat.

“Cari orang yang omongannya bisa dipegang, cari orang yang skillnya tidak sama dengan kita agar bisa saling melengkapi nantinya dan buat kesepakatan untuk membangun. Misalnya saling mengkritik dan mengemukakan pendapat,” jelasnya.

Lebih lanjut Pemateri Komunitas Sebandung Raya, Dwi Anggraeni Puspa Ningrum mengungkapkan tips bisnis media agar bisa bertahan lama. ketika membuat konten dan kontenya laku yang dilihat pasti adalah uang. Namun pekerjaan rumah bagi pembisnis media selanjutnya adalah bagaimana cara mereka mempertahankannya agar bisa berkembang dan menjadi bisnis media.

 

“Langkah pertama yaitu emahami dan menetapkan target. Kepada siapa konten kita akan disuguhkan. Kemudian memahami pengolahan berita atau isu yang kuncinya ada dipembaharuan judul,” tuturnya.

Salah satu peserta, Ketua Pers Mahasiswa Abhiyakta Ulfah Rof, mengaku senang karena diundang dan bisa mendapatkan ilmu baru dari luar kampus. Ia berharap bisa di undang kembali di acara-acara selanjutnya untuk memperpanjang tali silaturahmi.

“Kesannya kegiatan ini sangat luar biasa, semoga kedepannya bisa saling bersilaturahmi dan bisa berkolaborasi di acara dan konten lainnya,” pungkasnya.

Reporter: Sri Wahyuni dan Sopiyani Sholihah l Redaktur: Siti Barkah

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.