Sun, 19 May 2024

Basith Patria : Pers Mahassiwa sebagai Kawah Candra

Reporter: Monica Deasy Deria | Redaktur: Zairah Farah Diba | Dibaca 191 kali

Sat, 10 December 2016
Penggiat Media Massa dari PRFM, Basith berbagi materi tentang pengalaman dirinya sewaktu menjadi anggota Persma (Pers Mahasiswa) dalam acara Diorama, Pers Mahasiswa Inkubator Jurnalis yang diselenggarakan jurusan Jurnalistik UIN Bandung di Aula Student Center Kampus UIN, Jl. Ah. Nasution, Kota Bandung, Selasa (29/11). (Jurnlapos/ Jamal Ramadhan)

Jurnalposmedia.com– Pers Jurusan Jurnalposmedia bekerjasama dengan Bidang Nalar dan Intelektual Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEM-J) Jurnalistik UIN Bandung mengadakan diskusi dengan mengusung tema“Pers Mahasiswa Inkubator Jurnalis”. Diskusi tersebut berlangsung di Aula Student Center UIN Bandung, Selasa (29/11/2016).

Penggiat Media Pikiran Rakyat sekaligus pemateri dalam diskusi, Basith Patria mengartikan Pers Mahasiswa (Persma) sebagai kawah candra, yang artinya Persma sebagai tempat untuk mengolah calon-calon Jurnalis . “Ibaratnya teman-teman ini masih mentah, dan Persma adalah tempat yang tepat untuk mematangkannya,” ungkap Basith.

Basith mengatakan bahwa tergabung dalam Persma itu merupakan modal awal untuk terjun ke suatu media. “Alur normalnya kuliah dulu setelah lulus baru terjun ke media, ketika teman-teman tergabung dalam Persma otomatis sudah nyuri start lebih dulu, sehingga ketika lulus tinggal melanjutkan,” katanya.

Lebih lanjut, Basith mengomentari Persma saat ini yang terbilang kurang berani. “Persma dulu sangat berani mengkritik, kritik itu sebagai wujud kecintaan kita, belakangan ini saya lihat tidak banyak yang berani mengkritik,”tambahnya.

Menurutnya, dengan teknologi yang sangat berkembang suatu Pers Mahasiswa seharusnya bisa memproduksi berita dengan mudah dan nyaris gratis dengan konten yang tetap. “Jawaban yang baik lahir dari pertanyaan yang baik, pertanyaan yang baik lahir dari wartawan yang baik,” tutup Basith saat ditemui seusai diskusi.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments