Webinar Juwara, Ajarkan Entrepreneur Jadi Kreatif Saat Pandemi

JURNALPOSMEDIA.COM– Bidang Wirausaha Hima Jurnalistik UIN Bandung menggelar kegiatan webinar kewirausahaan “Juwara” bertajuk Let’s be Creative Enterpreneur, Senin (19/10/20).

Alasan dipilihnya tema tersebut karena sejalan dengan keadaan pandemi sekarang, hal tersebut diungkapkan sekertaris umum kegiatan, M. Firdaus,  “Tema itu relevan buat situasi sekarang. Keadaan pandemi ini bisa dijadikan momen berkreativitas dalam berwirausaha”, terangnya, Senin (19/10/20).

Konsep webinar ini merupakan perubahan dari konsep seminar tatap muka langsung yang terkendala oleh pandemi, “Sebelumnya rancangan dari bidang wirausaha itu awalnya secara offline. Lalu diganti ke webinar supaya bisa tetap dilaksanakan saat masa pandemi sekarang”, ungkapnya

Ia juga menambahkan bahwa sempat mengalami kesulitan dalam mengadakan rapat dan mempengaruhi persiapan, “Panitia ada yang di luar Bandung, jadi untuk mengadakan rapat agak sulit. Tapi kami tetap (mempersiapkan secara) maksimal, walaupun kami yakin kalau dalam keadaan normal bisa lebih (baik) lagi,”lanjutnya

Webinar kewirausahaan ini terbuka untuk umum. Sehingga siapa saja boleh mendaftar, melalui web yang telah disediakan panitia. Sistem penyelenggaraan webinar dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Peserta juga akan mendapat sertifikat setelah mengisi beberapa evaluasi dari awal hingga akhir acara, sebagai bukti telah mengikuti webinar.

Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 12.30-16.00 WIB. Pemateri yang diundang diantaranya, Nadia Putri (owner lensa creative) Bandung, Alwi (owner brand follous.co), dan Robiansyah (founder visual zone project).

Satu diantara penyaji, Nadia Putri menjelaskan mengenai cara agar produk yang dijual dapat dikenal luas dengan menggunakan konsep branding. Hal tersebut disambut baik oleh salah satu peserta dari kalangan mahasiswa, Lina Karlina. Ia mengaku tertarik mengikuti kegiatan ini karena sedang menjalankan binis kecil-kecilan.

Materi yang cukup menarik perhatiannya yaitu mengenai branding, “Banyak sekali (yang didapat), seperti cara agar brand kita terkenal. Misalnya (dengan) endorse, terus sering post (produk) di sosial media, dan tentu kita harus membuat brand yang unik,”katanya.

Lina menambahkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat baginya, “Apalagi pemateri nya hebat semua,”ungkap Lina saat dihubungi via Whatsapp.

Namun, ia juga menyayangkan mengenai partisipan webinar yang tidak terlalu banyak. Di sisi lain, diakui Firdaus bahwa promosi yang digaungkan secara intensif hanya pada H-5 kegiatan. Sementara itu, Firdaus juga berharap kegiatan tersebut kedepannya bisa lebih baik dari berbagai hal.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.