Sosialisasi Recruitment Dema FDK, Hingga Rencana Dialog Terbuka

JURNALPOSMEDIA.COM – Dewan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Dema FDK) melaksanakan sosialisasi dalam rangka penjaringan calon pengurus Dema FDK. Bertempat di gedung Aula Student Centre lantai 1, Rabu (11/9/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di FDK. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai salah satu tindak lanjut untuk mengajak seluruh mahasiswa FDK. Adapun, agar tergabung menjadi salah satu bagian dari calon anggota Dema FDK periode 2019/2020.

Sebagai Formatur Ketua Umum Dema FDK 2019/2020, Muhammad Faisal Nailusidqi menuturkan, open recruitmen (Oprec) sudah satu kali diperpanjang karena satu dan lain hal. Ia mengatakan bahwa sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut dari agenda pelaksanaan open recruitment. Sebelumnya, telah dilakukan selama 3 hari dari tanggal 11-13 September lalu.

“Oleh karena itu, banyak pula para Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang sepakat untuk meminta perpanjangan waktu. Kami buka kembali oprec ini,” ungkapnya.

Faisal menjelaskan arti visi dan misi dari Dema FDK itu sendiri bisa menjadi dasar bagi calon pengurus Dema FDK untuk bisa merenungkan kembali visi dan misi tersebut agar menjadi suatu program nyata. Selain itu, Faisal berharap mahasiswa FDKi dapat memberikan aspirasi-aspirasi secara aktiv untuk ditampung oleh Dema FDK itu sendiri.

Lebih lanjut Faisal mengatakan kemungkinan kendala yang ia kira ialah kegiatan orientasi jurusan. Namun, jajaran pengurus Dema sudah sepakat untuk melakukan transparansi dan membuka kembali oprec tersebut.

Kelanjutannya, untuk interview dan penjaringan peserta akan dilaksanakan lebih lanjut dan diadakan sesegera mungkin. Oprec ini terbuka untuk seluruh mahasiswa FDK, khususnya mahasiswa semester 5 atau 7. Jika oprec telah selesai dilakukan, maka langkah yang akan dilakukan selanjutnya oleh Dema adalah stafing, jika si anggota telah lulus secara nilai maupun sikapnya, dan telah resmi dihimpun di dalamnya.

Adapun, para pengurus Dema FDK mempunyai beberapa target yang menjadi bidikan bersama. Salah satu yang dijadikan sebagai stimulus dalam pertemuan sosialisasi ini adalah hal yang terkait penyaluran, penyaringan, dan penerapan segala aspirasi.

Faisal menjelaskan cara penerapan aspirasi yang akan diterima nantinya dengan mengkonsultasikan pada pihak terkait.

“Dari Dema disampaikan ke Dekanat, karena memang harus dikomprehensifkan. Teknisnyapun biasanya dibantu oleh Senat Mahasiswa,” tuturnya pada Jurnalposmedia.

Rencana pengadaan dialog terbuka atau penyaluran aspirasi ini ditujukan sebagai upaya untuk melakukan kajian-kajian literasi, agar bisa ditumbuhkan dalam lingkaran Fakultas. Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Umum Senat Mahasiswa FDK, Umar Taufiq memberi arahan dan catatan kepada seluruh jajaran pengurus dan calon anggota Dema FDK.

“Aspirasi bukanlah suatu hal yang asing atau baru, yang mungkin sebelumnya juga telah banyak dilakukan. Percuma jika aspirasi tidak ada pengawalan dan publikasi. Catatannya, segala aspirasi jangan hanya dicatat, namun juga dikomunikasikan,” pungkas Umar.

Rekomendasi

1 Comment

  1. aking says

    mantap

Leave A Reply

Your email address will not be published.