Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung Gelar Webinar Dies Natalis ke-34

JURNALPOSMEDIA.COM – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam UIN Bandung, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah dan Peradaban Islam UIN Bandung menggelar Web-Seminar melalui Zoom App. Kamis (25/5/2020)

Webinar ini dilaksanakan sebagai media silaturahmi antaramahasiswa, dosen, serta alumni Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam UIN Bandung dari angkatan pertama hingga ke-33. Selain itu, turut dihadiri jajaran Dekanat Fakultas Adab dan Humaniora. Jumlah total peserta yang hadir dalam webinar ini mencapai 150 peserta dari berbagai wilayah.

Adapun kegiatan ini dihadiri HM-PS Sejarah Universitas Siliwangi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pendidikan Sejarah Universitas Galuh, dan Himpunan Mahasiswa Sejarah Universitas Padjajaran.

Mengusung tema “34 Tahun Mengukir Sejarah 34 Tahun Menjadi Pelaku Sejarah”, Ketua Pelaksana, Choerul Maulana berharap masih terciptanya ruang komunikasi dan silaturahmi mahasiswa dan alumni serta dosen di tengah pandemi. Webinar ini pun dilaksanakan selama 3 jam terhitung dari pukul 13.00–16.00 WIB.

Ketua Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam, Dr. Samsudin, M. Hum., yang bertindak sebagai pembicara berpendapat tentang sosok sejarawan, “Sudah saatnya sejarawan saat ini harus diimbangi dengan soft skill di bidang teknologi agar mampu berselancar di era revolusi industri 4.0 dan dapat menyeimbangkan sifat kritis dalam masyarakat dengan aspek spiritual. Jangan sampai jadi kritis hingga membuat krisis dalam masyarakat,” tuturnya.

Sementara Dr. KH. Ajid Thohir, M. Ag., berpesan kalau setiap manusia bertindak sebagai sejarawan bagi diri sendirinya. Lebih lanjut, pembicara terakhir, mantan ketua HMJ Sejarah Peradaban Islam tahun 2016, Muchlis Faroqi pun mengakhiri webinar dangan sebuah statement, “Salah satu kunci kesuksesan adalah banyak berkreasi serta membuat jaringan yang seluas-luasnya,” katanya.

Di akhir sesi webinar ini, juga diumumkan para pemenang lomba-lomba yang telah diselenggarakan. Di antaraya Karya Tulis Ilmiah, Cerpen, Cipta Puisi, Cover Lagu, Lomba Kreativitas Ucapan dan Twibbon.

 

Sumber: Press Release Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Bandung.

Rekomendasi

1 Comment

  1. sarafina says

    Mantaaaaapppp

Leave A Reply

Your email address will not be published.