Pesona Situ Gunung, Destinasi Unggulan di Sukabumi

JURNALPOSMEDIA.COM–  Wisata alam Situ Gunung merupakan objek wisata yang terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Berada di ketinggian 850 Mdpl, kawasaan favorit di Sukabumi ini menyuguhkan nuansa alam yang sejuk dan asri.

Situ Gunung sebenarnya adalah nama dari sebuah danau yang berada di dataran tinggi Sukabumi dan dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat. Destinasi yang ditawarkan pun cukup beragam. Seperti camping ground yang sudah dilengkapi fasilitas toilet bersih dan penerangan yang memadai, hingga pemandangan Curug Sawer atau air terjun dengan ketinggian mencapai 35 meter.

Wisatawan berkemah disekitar wisata alam Situ Gunung. Senin (31/8/2020). (Wahyu Fitriani/ Magang)

Daya tarik lain dari Situ Gunung adalah jembatan gantung yang merupakan akses menuju Curug Sawer. Panjangnya yang mencapai 243 meter dengan ketinggian 107 meter dari permukaan tanah menjadikannya sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Tidak perlu khawatir saat melewati jembatan ini, karena petugas sudah menyiapkan sabuk pengaman pinggang yang dikaitkan ke pegangan jembatan. Kapasitasnya pun dibatasi hanya 40 orang untuk sekali melintas, sehingga aman untuk dilalui. Salah satu pengunjung, Vikri Ramadhan mengungkapan bahwa wisata alam ini sangat unik dan cocok untuk ber-swafoto.

“Kawasan wisata ini menyuguhkan cukup banyak tempat yang dapat dikunjungi dalam satu kawasan. (seperti) jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara yang menarik wisatawan untuk berfoto atau sekedar menikmati pemandangan disekelilingnya. Selain itu, kita juga dapat berkemah di area Situ Gunung dan menyaksikan sunrise disekitar danau,” ungkapnya, Senin (31/8/2020)

Cukup dengan Rp 50.000 kalian sudah dapat menikmati seluruh destinasi di Situ Gunung. Jangan risau untuk mengunjunginya ditengah Pandemi Covid-19.  Destinasi wisata ini sudah menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh pengunjung, seperti pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak aman antar pengunjung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.