Kembali Beroperasi, Batu Kuda Batasi Aktivitas Pengunjung

JURNALPOSMEDIA.COM – Wana Wisata Batu Kuda yang berlokasi di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung kembali beroperasi. Adapun tempat tersebut sempat ditutup sementara guna mencegah penyebaran Covid-19. Pihak pengelola mengimbau pengunjung agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dan wajib mematuhi aturan.

“Sementara, wisata (yang) khususnya di (kelola) Perum Perhutani ditutup mulai tanggal 19 Maret–13 Juni. (Batu Kuda) baru dibuka lagi. Itu pun baru sementara wisata harian saja,” tutur Petugas Wisata Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuah Hutan (KPH) Bandung Utara, Aan Basyuni. Selasa (23/6/2020).

Usai diperbolehkan beroperasi setelah 13 Juni 2020, Aan mengungkap jumlah pengunjung Batu Kuda dibatasi menjadi 750 orang per hari. Yakni, setengah dari kapasitas tempat wisata tersebut. Keputusan itu, kata Aan, bersumber dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Aan mengatakan bahwa pengunjung masih belum diperbolehkan melakukan camping dan bermalam. Hal itu dikarenakan belum adanya dasar keputusan pemberian izin. Maka dari itu, jam operasional tempat wisata satu ini berlaku dari pukul lima pagi hingga lima sore.

Ia juga memperingatkan pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker dan melakukan pengecekan suhu. Serta, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola, dan tetap menjaga jarak.

Bahkan, Aan menuturkan setiap satu jam sekali pihaknya mengingatkan pengunjung lewat pengeras suara agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, “Ya mudah-mudahan, wabah Corona ini cepat selesai dan membaik kembali. Termasuk wisata (Batu Kuda) juga, harapannya lebih maju lagi bahkan bisa menjadi wisata mancanegara,” harapnya.

Salah seorang pengunjung, Arif (19) berpendapat dibukanya kembali wisata Batu Kuda dapat berdampak baik bagi sektor ekonomi setempat, “Menurut saya ada bagusnya juga buat sektor ekonomi daerah. Seperti warung yang ada di tempat wisata, bisa buka kembali dan bisa dapat pendapatan. Walaupun pendapatannya enggak sebanyak seperti hari biasa,” katanya.

Biaya masuk Wana Wisata Batu Kuda dikenakan tarif Rp7.500,00 per orang, baik anak kecil atau dewasa. Adapun tiket masuk kendaraan roda dua Rp5.000,00 per unit, sedangkan untuk kendaraan roda empat masih dikenakan tarif seikhlasnya karena aturan tiket untuk jenis kendaraan tersebut belum keluar.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.