Mural Pelangi Hiasi Terminal Leuwi Panjang

JURNALPOSMEDIA.COM–Selama ini, kebanyakan orang menganggap terminal sebagai tempat yang membosankan dan terkesan kumuh. Tak terkecuali Terminal Leuwipanjang, Jalan Leuwi Panjang, Bojongloa Kidul, Bandung. Terminal ini melayani trayek bus dari Kota Bandung menuju wilayah barat, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Serang, Merak  Bekasi, Sukabumi, dan Cianjur serta luar Pulau Jawa seperti Lampung hingga Medan.

Warga Bandung tentu tidak asing lagi dengan Terminal Leuwi Panjang. Beberapa tahun lalu, kondisi Terminal Leuwi Panjang masih sama seperti kebanyakan terminal lain, kumuh dan tidak nyaman. Namun, sejak 2 tahun terakhir Terminal Leuwi Panjang mulai dibenahi dan dipercantik supaya membuat pengunjung maupun calon penumpang merasa lebih nyaman.

Perbaikan dimulai dari halaman depan terminal. Penambahan lapangan mini futsal di sekitar area parkir bus serta fasilitas penunjang lainnya seperti taman bacaan,  play groundlive music di ruang tunggu, lukisan tiga dimensi di lantai hingga revitalisasi toilet, halte terminal dan mushola.

Tak hanya itu, sekarang Terminal Leuwi Panjang kembali mendapat sentuhan seni. Setelah lukisan tiga dimensi di lantai, mural abstrak kini terpampang menghiasi dinding dalam gedung terminal. Warna pelangi pada mural membuat suasana terminal lebih nyaman dan bisa dijadikan area foto yang instagenic. Corak abstrak mural pada dinding ruangan Terminal Leuwi Panjang sekilas mirip dengan corak pada mural Fly Over Antapani .

Mural pada dinding ruangan Terminal Leuwi Panjang ini didesain oleh seniman asal Bandung John Martono yang tak lain pelukis lukisan di Bandara Husein Sastranegara dan pelukis mural Fly Over Antapani. Hal ini mulanya diketahui dari akun instagram Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung @didi_ruswandi yang mengunggah foto para pekerja tengah melakukan pengecatan sketsa mural di gedung Terminal Leuwi Panjang.

Ukuran mural terbilang cukup besar,  menghiasi sekeliling dinding dalam gedung terminal. Sentuhan seni berupa mural ini menambah estetika terminal. Mural pada dinding gedung dalam terminal juga menjadi salah satu daya tarik untuk memikat pengunjung.

Adanya suasana baru di Terminal Leuwipanjang berupa mural ini dapat membuat para pengunjung serta calon penumpang tidak bosan dengan suasana terminal yang selama ini dikenal kumuh dan tidak nyaman. Kedepannya, bukan tidak mungkin adanya mural di Terminal Leuwi Panjang dapat menarik wisatawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.