Sun, 29 January 2023

Ridwan Mustofa: Jangan Mengaku Jurnalis Jika Tidak Punya Karya

Reporter: Prise dan Sri Wahyuni | Redaktur: Sopiyani Solihah |

Thu, 24 November 2022

a
Praktek reporter lapangan pada acara Workshop Announcing dan Presenting yang diadakan oleh Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ) di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Rabu (23/11/2022). (Sumber Foto: Dede Nulhakim/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM- Jurnalis Kompas TV, Ridwan Mustofa sebut pentingnya sebuah karya bagi profesi di bidang jurnalistik. Hal ini ia sampaikan dalam workshop Announcing dan Presenting yang diadakan oleh Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ) Ilmu Komunikasi UIN Bandung, Rabu (23/11/2022).

Menurut Ridwan, Kapabilitas seorang jurnalis atau reporter tidak lepas dari pengalaman dan karya yang dihasilkan.

“Jangan mengaku jurnalis jika tidak punya karya dan jangan ingin orang lain menghargai. Nazwa Shihab disegani karena karyanya,” ujarnya selaku pemateri dalam acara tersebut.

Lebih lanjut, Ridwan mengatakan, profesi jurnalis saat ini memiliki peluang karier yang luas, baik dalam ruang lingkup media maupun di luar media.

“Misalnya kementerian atau perusahaan bahkan pemerintahan pasti membutuhkan Publik Relation (PR) dan banyak juga dari  Jurusan Jurnalistik. Bahkan, humas sekarang harus mampu mengambil gambar dan bisa menyampaikan suasana di lapangan demi membangun relasi,” ucapnya.

Sependapat dengan Ridwan, pemateri lainnya yang juga Produser Lapangan CNN Indonesia, Zaiul Haq menyebutkan, menjalankan profesi jurnalis tidak mudah sebab perlu adanya jam terbang yang tinggi.

“Harus punya pengalaman seperti menjadi seorang reporter dulu. Misalnya jika banjir harus paripurna turun ke banjir, jangan manja, jangan sampai menolak tugas, harus riset, wawancara, buat paket berita. Untuk menjadi reporter harus mempunyai keinginan yang kuat bukan untuk gaya- gaya supaya tetangga pada liat,” jelasnya.

Zaiul menambahkan, menjadi jurnalis harus memiliki keinginan belajar yang tinggi untuk menggali potensi dengan cara berkarya dan turun langsung ke lapangan.

Sebagai informasi, acara yang berlangsung di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini mengusung tema “How To Be A Great News Anchor and Reporter”.

Bendahara Umum KPMJ Ilkom, Nur Aini Widianti mengatakan acara tersebut bertujuan untuk menambah minat mahasiswa jurnalistik terhadap profesi mereka agar tidak kehilangan identitas.

Reporter: Prise dan Sri Wahyuni

Redaktur: Sopiyani Solihah

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Tag Terpopuler

Berita Terkini

Feature

Opini