Sat, 24 February 2024

Ragam Aplikasi Belajar Online Saat #DiRumahAja

Reporter: M. Rezaldy Putera | Redaktur: Putri Restia Ariani | Dibaca 105 kali

Sun, 29 March 2020
pembelajaran jarak jauh
Ilustrasi belajar online lewat aplikasi. (Raga Putra Wiwaha/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM-Seiring merebaknya pandemi virus Corona, kampanye #DiRumahAja terus diserukan pemerintah di tanah air. Tak hanya pemerintah, beberapa aplikasi belajar online juga mendukung kampanye tersebut. Hal itu dibuktikan lewat disediakannya layanan gratis kepada para pelajar, untuk mengakses materi pembelajaran di aplikasi secara daring.

Berikut  beberapa ulasan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan belajar online Anda.

       1. Ruang Guru

Salah satu aplikasi belajar daring yang memberikan akses gratis adalah Ruangguru. Dilansir dari Kompas, Ruangguru menyajikan 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama 1 bulan ke depan secara gratis di aplikasi Ruangguru. Program Sekolah Online dari Ruangguru ini dapat Anda nikmati dalam 30 hari kedepan melalui layanan live streaming di aplikasi atau melalui tautan https://sekolahonline.ruangguru.com/.

Selain itu, pada aplikasi ini, Anda juga bisa menikmati berbagai materi pembelajaran dari berbagai jenis mata pelajaran secara gratis. Anda juga bisa mengisi latihan soal atau kuis yang dapat mengasah kemampuan Anda dalam memahami materi tersebut. Materi yang didapat tidak berupa teks saja, Anda juga dapat menonton materi pembelajaran melalui video yang dibawakan langsung oleh ahlinya. Hal itu membuat kegiatan belajar menjadi asyik dan lebih mudah dipahami.

Kuota Edukasi Gratis dari Operator

Mengakses video tentu saja akan mengambil banyak kuota. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebagian operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, dan XL, kini telah menyediakan kuota edukasi gratis yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi serta situs belajar online seperti Ruangguru.

Sayangnya, tidak seluruh materi pada aplikasi Ruangguru dapat di akses secara gratis oleh semua pengguna. Layanan yang dapat di akses pada aplikasi Ruangguru secara gratis hanyalah sebagian materi yang memiliki label free (gratis) serta program Sekolah Online Ruangguru saja.

       2. Zenius

Tak jauh berbeda dengan Ruangguru, Zenius menyajikan berbagai materi belajar online. Berbeda dengan Ruangguru yang perlu biaya untuk membuka seluruh materi, seluruh materi belajar di Zenius dapat di akses secara gratis. Belum lama ini, Zenius mengumumkan untuk memberikan seluruh akses materi pembelajaran secara gratis. Sebelumnya, Zenius sendiri merupakan aplikasi belajar online berbayar.

Nah, bagi Anda yang merasa belum cukup mendapatkan materi dari Ruangguru, Anda bisa mencoba Zenius. Tidak hanya materi berupa teks, Zenius juga menyajikan ratusan materi dalam bentuk video. Buka situs Zenius.net atau unduh aplikasi Zenius melalui Google Play Store untuk mengaksesnya.

       3. Zoom

Zoom merupakan aplikasi meeting online yang juga dapat memenuhi kebutuhan belajar online Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan perkuliahan atau pembelajaran online melalui tatap muka jarak jauh. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh pengguna.

Namun sayangnya, untuk versi gratis Anda hanya bisa melakukan tatap muka dengan 3 orang atau lebih, dalam waktu maksimal 40 menit saja. Zoom sendiri dapat di akses melalui website atau aplikasi. Apabila kelas Anda kebingungan menentukan platform tatap muka jarak jauh, Anda dapat merekomendasikan aplikasi yang satu ini.

       4. Google Classroom

Google Clasroom merupakan aplikasi kelas online dari Google. Aplikasi ini lebih simpel dari Zoom, meski tidak menyediakan fitur tatap muka. Google Classroom memiliki berbagai fitur yang dapat diakses secara gratis. Di dalamnya, Anda bisa mengunggah berbagai file persentasi, tautan, foto, atau rekaman yang dapat memudahkan belajar online Anda.

Selain keempat aplikasi di atas, ada beberapa layanan bimbingan belajar (bimbel) online yang telah menjalin kerjasama dengan Kemendikbud dan dapat di akses secara gratis. Di antaranya Rumah Belajar, Meja Kita, Icando, IndonesiaX, Google for Education, Quipper School, Sekolahmu, dan Cisco Webex.

Semoga semangat para pelajar tidak redup meski kegiatan belajar diberlakukan via daring!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments