Fri, 21 June 2024

Kuliti Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Lewat Workshop Forum Mahasiswa Pascasarjana

Reporter: Nabillah Syidah dan Arief Rahman Firdaus | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 235 kali

Thu, 23 May 2024
(Sumber Foto: Nabillah Syidah/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM Forum Mahasiswa Pascasarjana (Formaca) UIN Bandung gelar workshop kepenulisan artikel ilmiah di Aula Pascasarjana, Kampus II UIN Bandung, Rabu (22/5/2024). Para narasumber hadir membagikan tips agar mampu meluluskan karya ilmiah ke situs jurnal bereputasi.

Bertajuk “Meningkatkan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah untuk Sukses Publikasi di Jurnal Bereputasi”, acara ini hadir guna mereduksi tantangan para calon pascasarjana untuk menghasilkan artikel yang dapat berdaya saing di jurnal bereputasi.

Acara tersebut dihadiri oleh dihadiri oleh Wakil Direktur I Pascasarjana, Ajid Thohir. Dalam sambutannya, ia menyinggung soal pentingnya tradisi menulis untuk membuat eksistensi diri.

Hadir pula Akademisi Universitas Padjajaran, Arif Zainudin dan Co-Founder Perspektif Sosiologi, Palenia Setia sebagai narasumber yang karyanya sukses lulus publikasi.

Tantangan dan Strategi Penulisan Artikel Ilmiah

Menurut Arif, strategi dan langkah penulisan artikel ilmiah yang efektif menekankan pada penguasaan topik yang akan diangkat oleh para peneliti. Selain itu, penting untuk memahami dan mengikuti pedoman penulis (author guidelines) dengan baik.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan adanya tantangan dan kendala peneliti dalam keterbatasan akses jurnal. Menurutnya, pemerintah perlu memberikan kesempatan akses untuk perguruan tinggi atau peneliti dalam publisitas jurnal. 

“Biasanya kan kendalanya adalah akses terhadap jurnal karena banyak ada yang berbayar, artikelnya juga. Makanya ini tantangan dan kendala yang dialami sama penulis sama peneliti aksesibilitas. Karena orang yang tidak mampu membayar atau berlangganan bahkan perguruan tinggi yang tidak bisa berlangganan ini akan kesusahan dalam memberikan referensi kepada para mahasiswa,” jelasnya saat ditemui Jurnalposmedia, Rabu (22/05/2024).

Sementara itu, Palenia mengungkapkan, secara kuantitas banyak artikel yang telah ditulis, tetapi mengalami penurunan kualitas karena beberapa faktor, yaitu plagiarisme, manipulasi data, jurnal predator, dan lainnya.

Pada sesi pemaparannya, ia menawarkan tips menulis sukses di jurnal bereputasi, yaitu dengan memilih jurnal yang tepat; menulis dengan struktur yang baik; nyatakan kontribusi baru peneliti; lalu revisi dan perbaiki.

Terakhir, Ketua Pelaksana Acara, Syaltal Jibril Elhusni berharap setelah diadakannya seminar ini, mahasiswa pascasarjana dapat menulis dan mempublikasikan karyanya di jurnal. 

“Harapan kami memang mahasiswa S2-S3 khususnya di UIN ini bisa menulis, menulis karya ilmiah dan bisa publish di jurnal yang bereputasi, itu sih tujuan harapan besar kami,” ungkapnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments