Mon, 22 July 2024

Hari Pendidikan Nasional 2023, Inilah Tema, Logo, dan Maknanya

Reporter: Wiwid Rahmadani | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 564 kali

Tue, 2 May 2023
hari pendidikan nasional
Logo Hari Pendidikan Nasional 2023 (Gambar: kemdikbud.go.id)

JURNALPOSMEDIA.COM– Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Melansir dari laman Kemdikbud RI, Hardiknas merupakan hari yang ditetapkan untuk memperingati lahirnya Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi di Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara menerapkan semboyan bahasa Jawa untuk  sistem pendidikan di Indonesia yang  berbunyi “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani“.

Jika dijelaskan, semboyan tersebut memiliki makna yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada yang berarti di depan. Maksudnya, sebagai pendidik harus bisa memberi teladan atau menjadi contoh yang baik

Ing Madya Mangun Karsa berarti di tengah atau di antara murid. Bermakna sebagai guru harus mampu menciptakan prakarsa dan ide. Sedangkan Tut Wuri Handayani berarti dari belakang. Seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan

Berikut merupakan logo Hari Pendidikan Nasional 2023

Logo terbentuk dari tiga elemen, terdiri dari bintang, pena, dan keceriaan. Masing-masing elemen tersebut menggambarkan Hari Pendidikan Nasional.

Makna dari ketiga elemen tersebut yaitu bintang sebagai semangat dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional guna melahirkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Secara garis besarnya menggambarkan semangat adaptif dan ketangguhan untuk menghadapi perbaruan zaman.

Pena memiliki makna sebagai suatu proses pendidikan menjadi sebuah proses menciptakan mahakarya yang membutuhkan perpaduan antara kemampuan intelektual, emosi, moral, spiritual, kreatifitas, dan pelaksanaannya.

Sedangkan keceriaan diartikan dengan suasana pendidikan di Indonesia yang menggembirakan, sangat antusias, gotong royong, dan partisipasi dari publik.

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Melalui Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) menetapkan tema yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Sambutan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Nadiem Anwar Makarim, selaku Menteri Pendidikan, menyampaikan pidato sambutannya terkait Hardiknas 2023.

Ia menuturkan bahwa kita semua termasuk para pendidik, tenaga kependidikan, seniman, pelaku budaya, juga peserta didik merupakan kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia.  Maka dari itu perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan harus diteruskan, agar semua anak bangsa dapat ikut merasakan kemerdekaan sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Lanjutnya mari kita semarakkan Hardiknas dengan semangat untuk mewujudkan kemerdekaan belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter, dan membawa Indonesia melompat jauh ke masa depan dengan pendidikan yang merdeka.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments