Yakoup Artan, Mahasiswa UIN Bandung dari Somalia

JURNALPOSMEDIA.COM-  Mencari ilmu adalah hak semua manusia, tidak ada batasan apapun dalam mencari ilmu termasuk di mana tempat mereka mencarinya. Dalam proses mencari ilmu, umumnya manusia mengalami beberapa fase sampai kepada yang terakhir yaitu jenjang perguruan tinggi.

Dalam memenuhi kebutuhannya sendiri, manusia cenderung ingin melakukannya dengan baik. Salah satunya dengan cara menimba ilmu ke perguruan tinggi negara lain dengan tujuan pembelajaran yang lebih baik. Indonesia menjadi salah satu negara tujuan mahasiswa asing menimba ilmu.

Menurut laman ristekdikti.go.id yang memuat siaran pers tentang minat mahasiswa asing belajar di perguruan tinggi di Indonesia yang menyebutkan, bahwa permohonan Izin belajar bagi mahasiswa asing semakin meningkat. Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dan Universitas Hasanuddin merupakan 5 perguruan tinggi penerima mahasiswa asing terbanyak.

Menurut data dari Bagian Kemahasiswaan UIN Bandung, di UIN Bandung terdapat 166 mahasiswa asing dari tiga negara yaitu 98 orang dari Thailand, 66 orang dari Malaysia dan 2 orang dari Somalia. Salah satu mahasiswa asing di UIN Bandung adalah Yakoup Artan. Mahasiswa dari Somalia yang baru menginjak semester dua ini, tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Yakoup yang saat ini tinggal di Mahad Aljamiah ini awalnya memang sudah berharap bisa kuliah di Indonesia. Karena menurutnya, Indonesia memiliki penduduk yang baik dan ia juga menyukai budaya dan bahasanya. Selain itu, informasi soal UIN Bandung ia dapatkan melalui kakak laki-lakinya yang sudah tinggal di Jakarta selama 4 tahun.

Lalu, alasan ia memilih Bandung sebagai kota tempat ia belajar adalah karena cuacanya. Yakoup juga mengaku bahwa ia tidak memiliki kesulitan dalam berteman, terlebih juga ia memiliki 10 orang teman satu negaranya di Bandung. Selain telah memiliki teman juga, Yakoup mengaku bahwa ia nyaman tinggal di Bandung dan telah biasa menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa Somalia, Inggris dan Arab.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak mahasiswa kreatif. Ia juga percaya bahwa dengan kuliah di Indonesia, khususnya UIN Bandung, bisa menjadikannya mahasiswa profesional. Semangat ya Yakoup :)))

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.