Wisuda UIN Bandung ke-81, Usung Aktualisasi Pesan Moral Sunan Gunung Djati

JURNALPOSMEDIA.COM – Sebanyak 1000 lulusan program sarjana, magister, dan doktor resmi dilantik Rektor UIN Bandung, Mahmud pada Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-81, Sabtu (27/2/2020). Acara kali ini mengusung tema “Aktualisasi Pesan Moral Sunan Gunung Djati dalam Menghadapi Tantangan.”

Diusungnya tema itu didasarkan atas pesan wali penyebar islam di tatar Sunda, Sunan Gunung Djati. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam pidatonya Mahmud menyampaikan pentingnya memiliki wisdom (kebijaksanaan) dalam pengetahuan.

“Kita tidak cukup hanya memiliki knowledge, tapi juga wisdom. Karena wisdom dapat merawat kehidupan jadi lebih indah sesuai perkembangan zaman,” jelasnya. Mahmud berharap, wisudawan dan wisudawati UIN Bandung dapat mengimplementasikan titipan pesan Sunan Gunung Djati di lingkungan sekitarnya. Yakni, menjadi lulusan yang soleh secara ritual dan sosial.

Masih digelar dalam situasi pandemi, sejumlah pihak yang hadir secara langsung di Aula Anwar Musaddad UIN Bandung senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Adapun yang hadir secara luring di antaranya pihak rektorat, jajaran Senat, dan perwakilan lulusan berprestasi.

Sementara itu, wisudawan dan wisudawati lainnya menghadiri prosesi wisuda secara daring via aplikasi Zoom. Prosesi itu pun disiarkan langsung di kanal Youtube dan Instagram resmi UIN Bandung. Membuka sesi acara, Ketua Senat , Nanat Fatah Natsir membacakan rangkaian prestasi yang diraih UIN Bandung pada 2020-2021.

“Sebagai perguruan tinggi tingkat pertama di Indonesia versi Webometrics di lingkungan PTKIN dan memiliki sembilan dosen yang tersertifikasi internasional. Serta, tercatat (ada) 45 jurnal ilmiah di lingkungan UIN Bandung yang terakreditasi secara nasional, ini suatu keberhasilan yang harus kita syukuri,” terangnya.

Nanat berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar mampu menjaga nama baik almamater UIN Bandung di mana pun mereka berada. Ia berharap, lulusan tahun ini dapat memberikan manfaat dan perubahan bagi masyarakat sekitarnya.

Beralih, pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor UIN Bandung tentang lulusan wisuda ke-81 dilakukan oleh Wakil Rektor I, Rosihon Anwar. Sampai pada pengumuman lulusan berprestasi, nama Mochammad Faris Maulana Akbar pun muncul.

Wisudawan asal jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir itu meraih predikat pujian dengan IPK sebesar 3,89 sekaligus menjadi lulusan berprestasi dalam bidang tahfidz 30 juz. Ia aktif mengikuti berbagai perlombaan pidato dan debat Bahasa Arab. Hingga saat ini, dirinya sudah mengantongi sebanyak 30 penghargaan di tingkat nasional maupun internasional.

Faris yang hadir didampingi ayahnya, diberi penghargaan langsung oleh Rektor UIN Bandung berupa beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke Pascasarjana.

“Terakhir, saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati beserta keluarga. Semoga modal kesarjanaan ini membawa keberkahan untuk hidup di dunia dan akhirat,” tutup Mahmud.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.