Wisata Spiritual Wot Batu

JURNALPOSMEDIA.COM—Kota Bandung telah lama dikenal dengan sejutanya tempat wisata, berbagai jenis wisata ada didalam kota ini mulai dari wisata alam sampai wisata buatan yang kreatif. Seperti salah satu tempat wisata kreatif yang terkenal di Bandung adalah Wot Batu, sebuah objek wisata yang berlokasi di kawasan Selasar Sunaryo Art Space, Jalan Bukit Timur No 98, Ciburial, Cimenyan, Bandung.

Wisata  ini dibangun oleh seorang seniman Sunaryo  dan diresmikan dua tahun yang lalu oleh Anies Baswedan, Wot batu telah menjadi sarana ekspresi dan imajinasi bagi Sunaryo dengan menggunakan batu sebagai medianya. Setiap  goresan yang ada di Wot batu memiliki makna spiritual yang mendalam dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Wot Batu diartikan sebagai jembatan batu yang dimaksudkan sebagai jembatan spiritual manusia. Wot batu sendiri dibagi menjadi beberapa space yang memiliki makna tersendiri dari batu yang ditampilkan. Dengan melihat Wot Batu pengunjung bisa memaknai filosofi kelahiran, hubungan sosial dengan makhluk hidup, dan perkembangan zaman yang manusia alami selama hidupnya. Serta simbol-simbol dari batu-batuan yang mengandung filosofi tentang kehidupan manusia di alam keabadian.

Pengunjung Batu wot yang baru tiba akan langsung dipandu dan diberikan beberapa informasi mengenai peraturan yang harus dipatuhi. Diantaranya, dilarang membawa makanan, memotret menggunakan kamera digital, dan alas kaki yang harus dilepas ketika menginjak rumput. Peraturan tersebut harus diikuti oleh setiap pengujung demi kenyamanan saat berwisata.

Saat berada di Wot Batu pengunjung dapat merasakan keeksotisan dan artistiknya karya dari seniman Sunaryo. Disini juga pengunjung akan diputarkan sebuah video yang menayangkan proses pembuatan dari Wot Batu. Dengan membayar tiket seharga Rp 50000 untuk umum dan Rp 30000 untuk mahasiswa. Pengunjung  sudah bisa menikmati kesegaran dan hangatnya teh Roesella yang dicampur dengan kapulaga serta sebatang serai.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.