Wisata Rohani di Masjid Al-Imtijaz

JURNALPOS- Masjid Al-Imtijaz yang beralamat di Jalan ABC No. 8 Banceuy, Bandung adalah sebuah masjid baru dengan ciri khas arsitektur yang bergaya Tiongkok dengan ciri khas Warna kuning, emas, dan merah yang bagi etnis Tionghoa bermakna kemakmuran.

Sebelum memasuki masjid ada sebuah gapura dengan gerbang berbentuk oval yang menjadi pintu masuk.

Hiasan lampion berwarna merah juga mendominasi bangunan masjid. 

Dengan adanya sebuah cawan berwarna emas yang berukuran besar digunakan untuk berwudhu. Cawan tersebut juga semakin mengentalkan budaya tionghoa di masjid Al-Imtijaz.

Pembangunan masjid berkapasitas sekitar 200 orang itu diprakarsai oleh mantan Gubernur Jawa Barat, R.Nuriana dengan tujuan menyatukan komunitas-komunitas muslim Tionghoa yang banyak bermunculan di Kota Bandung, 

seperti Persatuan Islam Tionghoa Islam (PITI), Keluarga Persaudaraan Islam (KPI), dan Yayasan Ukhuwah Mualaf Indonesia (YUMI).

Masjid Al-Imtijaz sendiri diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2010 oleh Gubernur Jawa Barat R.Nuriana. dan dengan diresmikannya masjid Al-Imtijaz juga membuktikan bahwa Islam tak harus selalu Arab. Bangunan masjid bisa menyesuaikan lingkungan.

Selama bulan Ramadhan ini tak ada kegiatan khusus di Masjid Al-Imtijaz, sama seperti masjid lainnya hanya ada kegiatan shalat Tarawih dan juga buka puasa bersama. Dalam suasana bulan Ramadhan semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke Masjid untuk melakukan Shalat lima waktu maupun mengaji.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.