Unit Jurnal FDK Gelar Pelatihan Kelola Jurnal

Pers Rilis

JURNALPOSMEDIA.COM-Upaya mempersiapkan akreditasi jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Unit Pengelola Jurnal Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, mengelar pelatihan pengelolaan jurnal bagi calon pengelola jurnal di Program Studi (PS) Ilmu Komunikasi, di ruang Jurusan Ilmu Komunikasi, FDK-UIN Bandung, Jumat (31/1).

Menurut Ketua Unit Pengelola Jurnal FDK-UIN Bandung, Dr. Khoerudin Muhtar, pelatihan pengelola jurnal di Program Studi Ilmu Komunikasi ini, selain untuk mempersiapkan akreditasi jurnal juga untuk memberikan pemahaman secara paripurna  mengenai teknis mengelola jurnal kepada calon pengelola jurnal PS Ilmu Komunikasi.

Menurut Khoerudin, sampai saat ini PS memiliki tiga jurnal, satu di antaranya sudah terakreditas sinta tiga yaitu jurnal Communicatus, sedangkan dua jurnal lainnya yaitu jurmal Annaba dan Reputation dalam proses pengajuan akreditasi sinta ke Dikti.

“Meskipun jurnal Communicatus sudah terakreditasi sinta tiga, tetapi tetap akan diajukan akreditasi ulang berbarengan dengan jurnal Annaba dan Reputation, dengan harapan jurnal Communicatus akreditasinya bisa meningkat dari sinta tiga menjadi sinta dua atau sinta satu,” papar Khoerudin.

Menurut Khoerudin, materi untuk jurnal Communicatus  lebih dititikberatkan pada bidang ilmu komunikasi secara umum, sedangkan materi untuk jurnal Annaba dititikberatkan pada bidang jurnalistik, sementara untuk materi jurnal Reputation menitikberatkan pada bidang kehumasan.

Lebih jauh Khoerudin mengatakan, materi yang disampaikan dalam pelatihan ini di antaranya mengenai list tema, editing naskah, dan kesesuaian selingkung yang diberlakukan pada masing-masing jurnal.

Sementara itu Ketua PS Ilmu Komunikasi FDK-UIN Bandung Dr.H. Darajat Wibawa, M.Si saat dihubungi di ruang kerjanya, mengapresiasi kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal tersebut.

Menurut Darajat yang didampingi Sekretaris PS Ilmu Komunikasi FDK-UIN Bandung, Encep Dulwahab M.Ikom, kegiatan pelatihan pengelolaan jurnal tersebut bisa memberikan nilai guna dan manfaat bagi pengelola jurnal nantinya, sehingga diharapkan kedepannya pengelolaan jurnal di Program Studi Ilmu Komunikasi lebih tepat dan lebih baik lagi.

“Saya kira, segala sesuatu tidak bisa diperoleh secara instan tetapi perlu melalui beberapa tahapan, dengan demikian pelatihan pengelola jurnal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencapai target pengelolaan jurnal yang sudah ditetapkan, ujar Darajat.***

 

Perserta pelatihan pengelolaan jurnal PS Ilmu Komunikasi tengah menyimpak materi pelatihan pengelolaan jurnal, di ruang PS Ilmu Komunikasi FDK-UIN Bandung, Jumat (31/1).

Leave A Reply

Your email address will not be published.