Dilakukan Secara Daring, Kegiatan UKM UIN Bandung Terhambat

JURNALPOSMEDIA.COM– Sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Bandung yang berbasis praktik mengalami kesulitan latihan saat pandemi, Sabtu (17/10/2020).

Sebut saja UKM Liga UIN Bandung, unit kegiatan yang membutuhkan lebih banyak kegiatan di outdoor ini tentu merasakan dampak yang cukup serius. Ketua UKM Liga, M. Yusuf menceritakan bahwa selama pandemi, kegiatan UKM yang digawanginya tidak berjalan efektif, “Dikarenakan kegiatan kita melibatkan orang banyak, dan di lapangan juga. Sekarang juga latihan terpaksa diliburkan,” ungkapnya.

Lain hal dengan UKM Liga yang terpaksa cuti sementara, UKM Bandung Karate Club (BKC) mensiasatinya dengan melakukan latihan secara mandiri di rumah masing-masing anggota. Hal tersebut diungkapkan salah satu pengurus BKC, Tiara Fadilah yang menyebut pelatih akan memberikan pengarahan gerakan lewat video yang dibagikan di Whatsapp grup.

“Nah, nanti temen-temen anggota BKC bisa liat (video) dan langsung memperagakan sembari merekamnya. Lalu dikirim ke grup,” ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Tiara menambahkan bahwa kendala utama yang dialami saat sedang latihan adalah koneksi jaringan internet. Meski dikirim lewat video, namun proses latihan menjadi kurang maksimal karena pelatih tidak dapat langsung memperbaiki kesalahan yang mungkin ditemui.

Berbeda dengan kedua UKM sebelumnya, UKM Teater Awal diakui ketua umumnya, Firman telah melaksanakan latihan secara tatap muka. Kesulitan justru muncul pada pemilihan tempat latihan, “Dikarenakan kampus masih belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan,” kata Firman.

Bukan hanya perihal latihan, berbagai event pun mau tak mau musti mundur dari yang telah dijadwalkan. Bahkan berlarut-larut, “Kemarin salah satunya, program ‘studi panggung’ anggota baru angkatan 32 terpaksa harus pending. Dari yang seharusnya dapat terlaksana pada awal bulan April (lalu). Namun terpaksa harus tertunda karena kebijakan pemerintah untuk PSBB, dan kebijakan kampus yang harus sterilisasi (lingkungan kampus) dari seluruh kegiatan,” tambah Firman.

Meskipun dihalau oleh segala keterbatasan selama pandemi, UKM di UIN Bandung tetap berusaha menjalankan program kerjanya walau  dilakukan secara daring. Doa yang sama juga turut terucap dari ketiga penggiat UKM. Yakni agar pandemi segara mereda sehingga segala kegiatan dapat kembali berjalan normal.

“Juga fasilitas-fasilitas umum, dan kampus kembali dibuka agar kita bisa lebih leluasa dalam berproses teater. Khususnya Teater Awal Bandung yang memang bergerak sebagai lembaga intra kampus di UIN Bandung,” pungkas Firman.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.