Tren #TeamTrees, Tagar Bertajuk Kepedulian Alam

Meski telah memasuki musim penghujan, sebagian wilayah di Indonesia masih dilanda cuaca yang cukup panas. Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dikutip dari kumparan, ada tiga hal yang menjadi penyebab cuaca panas yang terjadi di sejumlah daerah.

Pertama, karena dinginnya suhu muka air laut yang menyebabkan minimnya awan. Kedua, karena gerak semu matahari yang berada tepat di atas sejumlah wilayah Indonesia yang terdampak cuaca panas. Ketiga, karena hembusan angin dari sisi utara benua Australia yang sedang mengalami kemarau dan cuaca kering.

Air Coonditioner (AC) bukan satu-satunya pilihan yang dapat kita gunakan untuk menyejukkan tubuh di kala cuaca panas seperti ini. Pergi ke belantara hutan yang memiliki banyak pepohonan juga dapat membantu menyejukan tubuh kita. Dedaunan pohon yang rimbun dapat menyerap panasnya matahari. Oleh sebab itu, keberadaan pohon dapat membantu menyejukkan lingkungan disekitar kita.

Seorang influencer asal California, Jimmy Donaldson atau yang akrab disapa MrBeast berinisiatif untuk menanam 20 juta pohon. Hal itu ia lakukan untuk merayakan tercapainya 20 juta subscriber di kanal Youtube miliknya, sekaligus keprihatinannya atas sejumlah kebakaran hutan yang belakangan ini marak terjadi.

Untuk menuntaskan misinya, ia mengajak sejumlah influencer untuk bergerak membantunya. Tak hanya itu, ia juga bekerjasama dengan organisasi nirlaba Arbor Day Foundation untuk membentuk tagar #TeamTrees dan membantu misinya dalam menanam 20 juta pohon.

Pemuda berusia 21 tahun itu juga meminta publik untuk ikut serta dalam mewujudkan misinya melalui donasi. Hanya dengan menyisihkan 1 USD artinya kamu telah ikut serta dalam menanam satu pohon. Apabila kamu berminat untuk mengikuti gerakan ini, kamu bisa melakukan donasi melalui situs teamtress.org.

Beberapa pengusaha seperti CEO Shopify, CEO Twitter, CEO YouTube, dan Elon Musk juga turut serta dalam gerakan ini. Hingga tulisan ini dimuat, dari target 20 juta pohon, tercatat hampir 12 juta pohon siap ditanam di awal tahun nanti.

Tidak hanya dapat membuat lingkungan menjadi lebih sejuk, pohon juga memiliki fungsi untuk menyerap karbon dioksida dan merubahnya menjadi oksigen. Selain itu pohon juga dapat mencegah terjadinya erosi dan banjir.

Menurut The Infographic Show, pohon juga dapat menambah kualitas air, karena akarnya yang dapat memfilter air. Tidak sampai disitu, keberadaan pohon juga dapat mengurangi efek rumah kaca dan menanggulangi pemanasan global.

Dibandingkan dengan menggunakan AC, memanfaatkan pohon untuk menjadi penyejuk tentu akan lebih hemat dan ramah lingkungan serta membantu menjaga alam agar terindar dari bencana. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai menanam pohon dan ikut serta dalam tren #TeamTrees ini!

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.