Tips Membuat Artikel SEO Untuk Website

JURNALPOSMEDIA.COM- Membuat sebuah konten mungkin sudah menjadi makanan pokok bagi seorang blogger atau pemilik website. Banyak keuntungan dan kemudahan yang akan didapat dengan mempunyai sebuah web, yakni sebagai penyalur hobi menulis, sharing kegiatan, bahkan bisa dipakai untuk kepentingan usaha atau bisnis.

Namun, untuk membuat website yang berkualitas, konten atau artikel harus menarik dimata pembaca dan seacrh engine atau mesin pencari, blogger biasa menyebutnya dengan SEO (Search Engine Optimation) friendly. Banyak yang membuat artikel berbasis SEO, supaya kontennya berada di halaman pertama, bahkan urutan teratas di mesin pencari. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat artikel SEO

1. Perhatikan keyword

Sebelum proses penulisan artikel, lakukan riset keyword atau kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna. Adanya keyword, maka artikelmu akan lebih mudah untuk dicari atau di crawl oleh Google, misalnya.

Kata kunci bisa diletakkan dibeberapa tempat dalam artikel, seperti ada dalam judul, bagian pembuka, tengah artikel, dan penutup. Keyword ada banyak jenisnya, namun ada 2 jenis yang sering digunakan, yaitu long tail keyword yang terdiri lebih dari 2 kata, misalnya “Game Online Android Seru”.

Lalu ada short tail keyword, yang terdiri dari 1 hingga 2 kata saja, misalnya “Kesehatan Kulit”. Penggunaan kata kunci pendek sendiri mempunyai daya saing yang cukup tinggi dengan artikel lainnya, sehingga jenis kata kunci pendek lebih disarankan bagi pemula. Dengan begitu, artikelmu akan muncul ketika pengguna mengetikkan kata kunci tersebut. Namun masih ada hal lain yang perlu dilakukan.

2. Judul

Sebelum membaca isi konten, pengunjung web biasanya akan judul artikelnya terlebih dulu. Dalam hal ini, kamu harus membuat judul artikel yang menarik, jelas, dan mengundang klik siapapun yang melihatnya. Jika judul tidak memiliki daya tarik, maka konten yang bagus akan menjadi sia-sia.

3. Konten atau pembahasan

Langkah selanjutnya, seorang blogger atau penulis harus bisa membuat konten yang menarik dan berkualitas. Bukan hanya panjang lebar, artikel yang bagus biasanya memiliki pembahasan yang mendalam atau indepth mengenai suatu topik. Dengan begitu, artikel kamu akan dianggap berkualitas dimata user dan mesin pencari.

4. Ramah pengguna

Dalam menciptakan pengalaman yang baik ketika berselancar di internet, maka sebagai pemilik web seharusnya memberikan fitur web yang user friendly atau ramah pengguna. Sistem ini bisa dibuat dengan membuat tampilan web yang menarik, rapi, serta kemudahan dengan navigasinya yang simple.

Navigasi ini bisa mencakup segala kemudahan dalam mengakses menu dan sub menu lainnya. Selain itu, buatlah konten yang jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Itulah sedikitnya 4 tips membuat artikel SEO untuk website, agar lebih menarik dimata pengguna dan teratas dalam mesin pencari. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.