Sunda Kelapa, Surga Pecinta Fotografi

JURNALPOSMEDIA.COM- Dibalik hiruk pikuk kota Jakarta dengan berbagai permasalahan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, Kota ini menawarkan banyak tempat wisata yang menarik. Salahsatunya adalah wisata Pelabuhan Sunda Kelapa. Meski umumnya, pelabuhan tidak terlalu menarik untuk dijadikan tempat wisata tetapi berbeda dengan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Beberapa abad silam, Pelabuhan Sunda Kelapa telah dinobatkan sebagai jantung perekonomian di Batavia. Pedagang dari berbagai penjuru berdatangan untuk menjual barang-barang mereka melalui pelabuhan ini, tempat yang strategis mendukung pelabuhan ini menjadi pusat perdagangan pada masa itu.

Pelabuhan Sunda Kelapa kini, telah bermetamorfosis bak surga bagi pecinta fotografi. Sebab, di Pelabuhan Sunda Kelapa terdapat banyak spot menarik yang bisa menjadi objek bidikan lensa. Banyaknya kapal besar yang bersandar di pelabuhan ini juga menjadi daya tarik para pengunjung. Meskipun judulnya adalah tempat trasportasi, namun banyak pemandangan yang indah untuk dipandang. Seperti, aktivitas dipelabuhan diantaranya bongkar muat barang, pemandangan ratusan kapal kayu yang bersandar, serta ratusan kapal yang sedang berlabuh. Serta, tak luput juga dengan nuansa sun-set yang menjinggakan langit pelabuhan pada sore hari.

Jika beruntung, pengunjung akan diperbolehkan mencoba menaiki kapal dan memegang kemudi kapal yang sedang berlabuh di dermaga. Dengan berdasarkan izin yang diberikan sang pemilik atau pihak awak kapal yang sedang berjaga.

Tiket masuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa sangat terjangkau sekali, pengunjung cukup membayar Rp.3000 untuk sepeda motor dan Rp.5000 untuk mobil. Pengunjung juga bisa berkeliling dipelabuhan dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan.  Jika ingin mengelilingi Pelabuhan Sunda Kelapa menggunakan sampan milik nelayan, pengunjung bisa membayar Rp.50.000. Tentunya, pengujung masih bisa melakukan nego dengan pemilik sampan untuk mendapatkan harga murah.

Satu lagi, disini pengunjung juga bisa menikmati romantisnya senja ala ibu kota. Moment matahari tenggelam di Pelabuhan Sunda Kelapa berhiaskan siluet indah dari kapal yang berjajar rapi di pinggir dermaga. Jadi, jangan heran jika banyak gambar yang diambil dengan hasil memuaskan dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.