Selain Tahu, Ini Kuliner Lain Khas Sumedang Yang Patut Dicoba!

Sumedang memang terkenal dengan Tahu Sumedang sebagai kulinernya yang sangat lezat. Tahu Sumedang memilik ciri khas yang berbeda dari tahu lainnya. Tahu yang berwarna kecoklatan dan tak memiliki isian ini akan sangat nikmat apabila dimakan dengan ditemani sambal atau cabai rawit.

Tahu Sumedang sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu Sumedang dikenal masyarakat dengan julukan ‘Kota Tahu’.

Bila Anda berkunjung ke Sumedang, tak lengkap rasanya apabila pulang hanya dengan membawa Tahu Sumedang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. Karena selain Tahu Sumedang, Sumedang juga memiliki kuliner khas lainnya yang tak kalah enaknya dengan tahu.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Sumedang yang akan sangat disayangkan apabila Anda tidak mencobanya.

  1. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu. (Gambar: dietsehat.co.id)

Ubi Cilembu berasal dari daerah Pamulihan, Sumedang. Ubi yang satu ini berbeda dengan Ubi lainnya karena memiliki warna ‘daging’ ubi yang berwarna agak kemerahan juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sehingga ubi jenis ini tidak cocok untuk digoreng. Namun bila di oven, ubi ini akan menghasilkan cairan manis yang rasanya seperti gula madu. Akan sangat nikmat apabila disantap saat masih hangat.

Sebagian masyarakat  memanfaatkan Ubi Cilembu untuk dijadikan sebagai bahan dasar olahan makanan lainnnya seperti brownies, lapis legit, muffin, donat atau bahkan keripik.

  1. Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom. (Gambar: sajiansedap.grid.id)

Mungkin telinga Anda Sudah tidak asing dengan Oncom. Makanan hasil fermentasi khas Sunda ini memang telah dikenal oleh banyak orang. Namun bagaimana dengan Tutug Oncom? Apakah Anda baru mendengarnya?

Tutug Oncom sendiri adalah makanan khas yang terdiri dari bahan dasar nasi dan oncom goreng atau bakar. Proses pembuatannya yaitu dengan di tutug yang artinya ditumbuk. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga tercampur aduk, sehingga menghasilkan nasi yang bercampur dengan oncom.

Makanan ini akan sangat nikmat apabila dimakan dalam keadaan hangat. Namun apaibla Anda ingin membawa pulang tutug oncom untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, sekarang ada inovasi tutug oncom instan.  Anda  dapat menjadikan nasi tutug oncom instan tersebut sebagai alternatif untuk memakan tutug oncom hangat di rumah.

  1. Opak Sumedang

Opak Sumedang. (Gambar: pasar.mediadesa.id)

Opak merupakan makanan ringan yang berasal dari Jawa Barat. Meskipun opak bukan merupakan kuliner asli khas Sumedang, namun Opak Sumedang memiliki cita rasa yang khas. Terbuat dari sari kelapa yang dicampur dengan beras ketan pilihan. Opak Sumedang memiliki rasa khas yang tak dapat lidah Anda lupakan.

  1. Soto Bongko

Soto Bongko. (Gambar: putratravel.net).

Soto Bongko adalah kuliner khas asli dari Sumedang. Sekilas soto ini mirip dengan lontong kari, karena di dalamnya terdapat potongan lontong dengan kuah kental gurih santan yang khas.  Namun lontong dalam soto ini dibuat dalam ukuran besar dan padat. Selain lontong, soto ini biasanya berisikan dengan taoge rebus, kerupuk emping, Tahu Sumedang, dan akan lebih nikmat bila ditambah dengan sambal pedas.

Bongko sendiri memiliki arti gumpalan besar. Oleh karena itu lontong yang disajikan dalam soto ini dibuat dalam ukuran besar. Kuliner yang satu ini sangat cocok disantap ketika sarapan pagi, apalagi dalam keadaan yang masih hangat.

Itulah beberapa makanan khas Sumedang yang patut Anda coba! Apakah Anda ingin mencobanya? Bila Anda berkunjung ke Sumedang, tak ada salahnya untuk berhenti sejenak di pinggir jalan dan menikmati kuliner-kuliner khas Sumedang di atas yang sangat sayang apabila Anda lewatkan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.