Sejumlah Bahan Pangan di Pasar Tradisional Merangkak Naik

JURNALPOSMEDIA.COM–Harga kebutuhan pokok terpantau kian melonjak sejak memasuki tahun baru 2018 hingga sekarang. Di Pasar Ujung Berung, Jalan A.H Nasution, Pasirwangi, Ujung Berung, Kota Bandung, terdapat beberapa komoditas mengalami kenaikan harga. Beberapa di antaranya yakni ayam potong, bawang merah, dan cabai merah, Kamis, (22/03/2018).

Berdasarkan penuturan salah seorang pedagang Tuti, harga ayam potong biasanya dijual 28 ribu rupiah per kilogram, saat ini harga naik pada  kisaran 34 – 38 ribu rupiah per kilogram. Harga normal bawang merah 20 ribu per kilogram naik menjadi kisaran 28 ribu dan cabai merah yang semula 20 ribu naik 40 ribu per kilogram. Namun dengan merangkaknya harga pangan tersebut tidak lantas mengurangi pendapatan, karena para pedagang memiliki langganan tetap dan pembeli mau tidak mau harus memenuhinya.

Pedagang bubur ayam Ucup Sopandi, sebagai salah seorang terdampak kenaikan harga sejumlah komoditas pokok menyampaikan keluhannya. “Meskipun harga bahan pangan lainnya terbilang stabil, kenaikan harga ayam potong, bawang merah dan cabai merah cukup melebihi anggaran. Tapi, bagaimana lagi karena itu kebutuhan,” papar Ucup saat berbincang dengan Jurnalposmedia.

Pegeluaran pedagang bubur tentu turut melambung. Tidak mungkin bahan-bahan dikurangi, sehingga anggaran untuk membeli keperluan berdagang ditunjang dengan resiko pengeluaran yang lebih dari biasanya. Kendati demikian, tidak ada langkah khusus dengan menaikan harga jual bubur. Yang utama yakni balik modal terlebih dahulu.

Menurut pedagang sayuran Amed, harga bahan pangan yang kian melejit disebabkan cuaca yang belakangan ini tidak stabil. Faktor cuaca menyebabkan petani gagal panen tepat waktu, sehingga stok yang dipasok pun tidak banyak. “Untuk ayam potong, diperkirakan faktor cuaca tidak menentu yang menyebabkan ayam mati kedinginan sehingga hasil ternak menurun dan berpengaruh terhadap harga di pasaran.” pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.