Review Album: The sailor

Artist    : Rich Brian

Label   : 88rising Music & 12 Tone Music

Durasi  : 44 menit

Rating  : 7,8/10

            Rich Brian, rapper muda Indonesia yang terkenal belajar berbahasa Inggris melalui youtube dan menjuluki dirinya Rich Chigga. Ia viral melalui lagunya yang berjudul “Dat $tick”. Tapi, itu sudah tiga tahun berlalu, kini di umur ke-19 nya Brian tidak lagi memakai “Chigga” di belakang namanya. Di sebuah wawancara ia mengatakan “Sebagian tujuanku ialah menjadi mainstream, karena saya sangat ingin membuka jalan bagi anak-anak di Asia untuk menjadi dirinya sendiri”.

Melansir dari ratigsgamemusic.com, The Sailor menjadi album kedua Rich Brian yang dirilis pada 26 Juli 2019  setelah dua tahun berkiprah di dunia musik. Terdapat dua belas lagu di album ini, diantaranya: The Sailor, Rapapapa, Yellow, Kids, Drive Safe, Confetti, Vacant, No Worries, 100 Degrees, Slow down Turbo, Curious, dan Where Does the Time Go.

Di lagu “Drive Safe”, Rich Brian menampilkan kemahirannya dalam bernyanyi. Salah satu liriknya, ‘She Loves Me, She Loves Me Not’ menjadi pembuka di lagunya ini, misinya untuk menemukan kebahagiaan dan hasrat untuk menyentuh seseorang dengan beberapa kekuatan tangannya yang melebihi Raiden (Mortal Kombat).

Melansir dari pitchfork.com, meskipun Rich Brian masuk dalam urutan nama rapper pemula, karyanya tidak bisa diremehkan. Di album “The Sailor” ini menceritakan remaja 19 tahun yang mencari rokok, berdiri semalaman, mencari cinta, mencari arti hidup, mencari sebuah rumah yang bisa dikunjungi, dan mencari persetujuan.

Kekuatan dari album ini antara tradisional, fantasi, dan rap yang lembut.“Curious”, lagu ini enak untuk didengar, sangat mendalam dan kita menjadi tahu “the real Rich Brian”. Disini, Brian berbicara tentang teman palsu, menjadi sakit setelah tidur dengan wanita, merindukan rumah, merindukan dirinya yang dulu, dan yang paling penting bagaimana kepopuleran bisa merubah kehidupannya.

“Yellow”, lagu yang sangat dramatis. Lagu ini terdengar seperti ketika sedang ‘sakau’ obat-obatan. Hal yang dapat dipetik dari lagu ini ialah: Don’t do drugs, kids!.

“Rapapapa”, kekuatan di lagu ini berasal dari instrumen yang tenang, namun bisa membuat lidahmu keseleo loh. Tapi kesulitan-kesulitan dalam menyanyikan lagu ini tak membuat lagu ini tidak layak untuk didengarkan. Dari seluruh lagu di album ini, “100 Degrees” mungkin menjadi lagu yang paling nikmat diantara lagu yang lain.

Penulis merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Semester 5 UIN Bandung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.