“PJTD” Langkah Baru Tingkatkan Kualitas Pers Mahasiswa

JURNALPOSMEDIA.COM – Setelah melalui tahap wawancara pada 19 sampai 20 April 2018, calon anggota bidang Pers Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung diwajibkan untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang berlangsung pada 28 sampai 29 April, di Villa Bukit Cipulus, Cilengkrang 1, Kota Bandung.

PJTD merupakan program kerja bidang pers yang dilaksanakan pertama kalinya dan diikuti oleh 67 peserta. Dengan mengusung tema ‘Menciptakan Generasi Berkualitas dalam Pers Mahasiswa’, pelatihan ini bertujuan agar melatih calon anggota sebelum turun langsung ke lapangan untuk melakukan kegiatan jurnalistik.

“PJTD itu kan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, nah sesuai dengan namanya, tujuannya itu melatih teman-teman calon anggota Jurnalposmedia sebelum turun langsung ke lapangan,” ungkap Ketua Pelaksana, Cikal Bintang, Sabtu (28/04/2018).

Presiden Mahasiswa (Presma) Angkatan 2013 Muhammad Elgana turut hadir dalam penyampaian materi mengenai ‘Manajemen Media’. Ia mengatakan dalam manajemen sebuah redaksi pada dasarnya dibuat berdasarkan kebutuhan institusi pers yang bersangkutan, tujuan utamanya bagaimana agar institusi redaksi bisa berjalan baik dan sesuai dengan perencanaan.

Selain itu, salah seorang peserta PJTD mengungkapkan kesannya saat mengikuti kegiatan tersebut. “Senang bisa dapet bekal untuk menjadi jurnalis di masa depan, dan menurut saya kegiatan PJTD ini sangat berguna karena bisa mempelajari dasar-dasar ruang lingkup jurnalistik.” pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.