Photo’s Speak Menginjak Umur Sewindu

JURNALPOSMEDIA.COM- 16 November 2011 merupakan pertama kali terbentuknya komunitas foto Jurnalistik UIN Bandung yaitu Photo’s speak. Badan otonom yang berada di bawah naungan Hima Jurnalistik ini telah berusia tepat sewindu atau 8 tahun. Para pendiri dan pengurus Photosspeak menggelar syukuran di Aula Student Center Lantai 1 UIN Bandung, Minggu (17/11/2019).

Acara yang di hadiri oleh seluruh anggota Photo’s Speak mulai dari pendiri hingga anggota muda ini. Acara dibuka dengan sharing mengenai kegiatan dan capaian satu tahun ke belakang. Lalu, mengenai garapan untuk pameran mendatang.

Salah satu pendiri Photo’s Speak, Djuli pamungkas mengatakan, Photo’s Speak terlahir dari keresahan mahasiswa karena di tebangnya pohon pohon.

“Photosspeak lahir dari keresahan mahasiswa karena di tebangnya pohon pohon rindang. Keresahan itu mereka visualisasikan melalui media fotografi, melalui perbincangan panjang tercetus lah nama Photo’s Speak ini,” ucap Djuli dalam forum sharing tersebut.

Menurut Djuli, yang membuat Photosspeak ada hingga saat ini adalah karena terdapat tema-teman pengurus yang mempunyai satu visi. Mereka sebagai pendidik untuk melanjutkan Photosspeak itu sendiri. Lebih lanjut, Djuli mengungkapkan, berawal dari program kerja dari HMJ karena takut jika hanya satu pengurusan. Jika tahun depan ada komunitas foto yang lain lagi, maka dari itu, Photo’s Speak sebagai wadah untuk dunia foto itu sendiri.

“Bila di bandingkan komunitas lain Photo’s Speak ini lebih menekankan foto jurnalistik karena memang berada di jurusan jurnalistik,” lanjut Djuli.

Djuli pun berharap bila Photosspeak ini akan terus ada hingga mungkin 50 tahun kedepan dan mampu melahirkan fotografer yang potensial

Senada dengan Djuli, Kepala Bidang atau kerap disebut Kepala Suku Photo’s Speak, Adli Dzulfikri berharap Photo’s Speak ini dapat menunjukkan bisa mempunyai karya. “Harapannya anggota dapat lebih meningkatkan produktifitasnya dan menambah rasa penasaran terhadap fotografi. Adapun, yang nantinya karya itu untuk pembelajaran diri sendiri dan untuk kemajuan Photo’s Speak,” ucap Adli.

Acara tersebut diakhiri dengan doa bersama untuk lebih baik kedepannya dan ditutup pemotongan kue yang di lakukan oleh pendiri dan kepala suku yang menjabat.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.