Pertukaran Pelajar, FISIP Berangkatkan 20 Mahasiswa ke Malaysia

JURNALPOSMEDIA.COM– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Bandung tahun ini kembali berhasil menjalankan program tahunannya yaitu Student Exchange ke Universitas Selangor Malaysia. Ditahun ini FISIP telah memberangkatkan 20 mahasiswa terhitung sejak tanggal 3 sampai 21 April nanti.

Student Exchange merupakan program pertukaran pelajar yang ke tiga, berbeda dengan sebelumnya khusus tahun ini pelaksanaan akan diadakan dua kali. Tujuan diadakannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, selain itu mahasiswa setidaknya dapat merasakan suasana belajar yang berbeda dari sebelumnya. FISIP juga berharap setelah mengikuti program ini mahasiswa dapat memiliki wawasan internasional.

Ketua Penanggung Jawab, Asep Dadan Wildan mengatakan program ini juga sebagai upaya meningkatkan kualitas mahasiswa. Menurutnya, ilmu yang diperoleh semuanya sama, tinggal bagaimana dalam proses mendapatkan ilmu, tergantung dari pengalamannya.

“Intinya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa kita, supaya berwawasan internasional. Ilmu kita kan mau di mana pun yang namanya ilmu sama saja tetapi pengayaan pengalaman yang lain, ini yang tidak akan bisa didapatkan dalam negeri,” ujarnya saat ditemui Jurnalposmedia, Kamis (12/04/2018).

Sementara itu, program ini hanya diperbolehkan untuk mahasiswa mulai dari semester tiga sampai semester enam. Bagi semester satu dan dua masih belum diperbolekan karena wawasannya dinilai belum mencukupi, sedangkan bagi semeter tujuh dan delapan mereka diharuskan fokus terhadap tugas akhir yaitu skripsi.

Sebelum keberangkatan, mahasiswa harus mengikuti proses tahapan seleksi diantaranya yaitu pada nilai akademis, seleksi tertulis, kemudian membuat karangan dalam bentuk Bahasa Inggris, dan terakhir tahap wawancara menggunakan Bahasa Inggris. Tahap terakhir tersebut, menentukan lulus atau tidaknya mahasiswa, karena mereka akan menggunakan Bahasa Inggris dalalm proses belajar di Malaysia.

Lebih lanjut, Asep menambahkan nantinya bukan hanya mahasiswa FISIP yang datang ke Malaysia. Namun, pada November nanti para peserta yang mengukuti student exchange dari Universitas Selangor Malaysia juga akan datang ke UIN Bandung. “Dari Malaysia juga akan datang kesini, karena kita sudah dua kali insyaallah kita sudah siap. Sebelumnya juga mereka sudah pernah datang kesini dan kebetulan kita juga banyak dosen yang keluaran luar negeri.” tutup Asep.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.