Pertengahanan Ramadhan, Harga Pangan di Pasar Stabil

JURNALPOSMEDIA.COM- Harga pangan sempat berada di kisaran dengan tarif tinggi pada awal Ramadhan. Saat ini, harga pangan berangsur turun ke harga normal di Pasar Ujung Berung, Kota Bandung, Minggu (19/5/2019)

Kenaikan saat itu, terpusat pada harga bawang putih yang naik secara drastis sehingga membuat pedagang rugi akibat sepinya pelanggan. Salah satu pedagang sayur, Tuti membenarkan hal tersebut, ia sudah lama berjualan namun, kenaikan pada tahun ini benar-benar tinggi. Tetapi, menurutnya beruntung hanya berlangsung sementara dan harga sudah mulai stabil

“Tetapi, pelanggan masih sepi karena kenaikan harga kemarin,” singkatnya.

Beberapa komoditas pangan yang mengalami penurunan harga seperti cabe, bawang, daging, telur, dan aneka macam lainnya. Salah satu pemilik toko di Pasar Ujung Berung, Amir pun membenarkan hal tersebut. Amir memaparkan, seperti telur ayam, telur bebek,dan telur asin. Kini sudah kembali diharga normalnya, yakni kisaran harga Rp24.000-Rp26.000 perkilo.

“Iya sekarang memang sudah mengalami penurunan harga telur. Kemarin sempat naik sampai harga Rp30.000/kg, sekarang sudah kembali normal di angka Rp24.000/kg”. Ungkapnya. Rabu,(22/05/2019).

Penurunan harga juga terjadi pada komoditas daging, seperti daging ayam dan daging sapi, daging ayam yang harga semula menyentuh Rp37.000 perkilonya kini sudah kembali normal diangka Rp34.000 perkilonya. Sementara harga daging yang semula menyentuh Rp120.000 perkilo, kini juga turun ke harga Rp100.000 perkilo.

Menurut pedagang daging, Arman mengatakan penurunan harga disebabkan karena menurunnya peminat daging pada bulan puasa ini berkurang dan banyak yang lebih memilih makanan instan.

“Belum bisa memprediksi sampai kapan harga daging tersebut turun. Karena menjelang lebaran, harga daging biasanya naik” tutur Arman selaku pedagang daging tersebut. Rabu,(22/05/2019).

Para pedagang memprediksi akan terjadi kenaikan yang mungkin akan lebih tinggi diakhir bulan ramadan, menjelang hari raya nanti. Hal ini berkaca pada tahun sebelumna yang pasti mengalami kenaikan setiap tahunnya. Yakni, mencapai 50% dari harga normal.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.