Perkembangan Cabang Olahraga Elektronik

JURNALPOSMEDIA.COM– Seiring dengan kemajuan teknologi, industri digital semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, terutama pada industri permaian elektronik atau game yang kini tidak hanya menjadi sebuah gaya hidup semata, melainkan sudah menjadi sebuah profesi dan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Bukan hanya pada bidang industri yang menghasilkan game tersebut, tetapi juga bagi para pemain profesional atau biasa disebut gamer. Perkembangan zaman telah membawa para gamer kini sudah pada tingkatan yang berbeda, dimana adanya semacam istilah olahraga elektronik atau E-sports yang sekarang muncul di berbagai negara termasuk Indonesia.

Sudah tidak asing lagi dibeberapa kalangan masyarakat Indonesia perihal E-sports tersebut, dimana para gamer profesional yang telah dianggap sebagai atlet melakukan sebuah permainan kompetitif secara resmi sebagai olahraga elektronik mewakili negara, instansi maupun organisasi tertentu. Mungkin dibandingkan dengan negara-negara lain beberapa tahun lalu sekitar awal tahun 2000an E-sports belum berkembang cukup pesat di indonesia.

Namu kini, IeSPA atau dikenal dengan nama panjang Indonesia e-Sports Association adalah wadah resmi komunitas gamer di Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan prestasi dalam dunia video game kompetitif dan juga sudah mendapat dukungan dari pemerintah. IeSPA sendiri digagas oleh publisher, yaitu komunitas forum game dan beberapa altet game profesional yang ada di Indonesia.

E-sport sendiri merupakan budaya yang berkembang dari sebuah kompetisi game yang diadakan pada tahun 1972 di Universitas Stanford, Amerika Serikat ketika itu baru mahasiswa saja yang melakukan kompetisi game tersebut. Seiring berjalannya waktu, banyak game bermunculan dan terus berkembang hingga tahun 90an di Amerika Serikat, dari situlah kompetisi- kompetisi game online mulai berkembang pesat hingga sekarang.

Jika dibandingkan dengan sekarang, sudah terlihat jelas perkembangan pesat E-sports di Indonesia, terutama tahun 2018 ini dimana Asian Games yang merupakan pesta olahraga empat tahunan di benua Asia telah memasukan cabang E-sport pada salah satu permainan olahraga. Jelas, hal ini akan membawa perkembangan e-sport sendiri pada masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan menggeluti E-Sports itu sendiri, yang dimana E-Sports sendiri sudah diakui sebagai cabang olahraga yang dipertandikan secara internasional melalui gelaran Asian Games.

Leave A Reply

Your email address will not be published.