Peringati Sumpah Pemuda Warga Batuloceng Lestarikan Permainan Kadaplak

JURNALPOSMEDIA.COM – Sejumlah warga di Kampung Batuloceng, RW 09, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, memperingati hari sumpah pemuda dengan memainkan permainan Roda Kadaplak, Sabtu (28/10/2017). Kadaplak merupakan permainan tradisional berbahan dasar kayu yang dijadikan kendaraan roda tiga. Biasanya, Kadaplak dimainkan di lintasan tanah di kebun milik warga.

Permainan khas Jawa Barat yang sudah ada sejak zaman pejajahan Belanda (1930) ini kembali dilestarikan oleh pemuda Desa Suntenjaya, sebagai bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal dan mengantisipasi dampak buruk globalisasi.

Tokoh pemuda, sekaligus inisiator penggerak permainan Roda Kadaplak, Gunawan mengatakan permainan tersebut merupakan tanggung jawab masyarakat lokal untuk tetap menjaganya, yang sempat hilang puluhan tahun silam.

“Permainan tradisional (Roda Kadaplak) mampu melatih fisik, strategi, dan dan kebersamaan, daripada permainan modern yang lebih ke individual seperti gadget,” ujar Gunawan saat ditemui di lintasan Roda Kadaplak, Sabtu (28/10/2017).

Warga Batuloceng memainkan Kadaplak dalam memperingati hari-hari besar Republik Indonesia, seperti peringatan HUT RI dan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan semangat pemuda.

Ketua RW 09 Desa Suntenjaya, Yayat,  mengatakan permainan roda Kadaplak yang digagas kembali oleh pemuda sudah delapan kali digelar. “Selain untuk hiburan warga, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kesatuan pemuda dalam melestarikan permainan tradisional.” pungkas Yayat saat ditemui di warung kopi miliknya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.