Perbedaan Kosakata Pada Bahasa Inggris

JURNALPOSMEDIA.COM-Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai perantara komunikasi pada masyarakat antar negara. Namun terkadang, sebagian orang salah menafsirkan suatu informasi dalam kata pada bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan gagal paham terhadap arti kata yang dimaksud. Berikut ini beberapa kata dalam bahasa inggris yang sama artinya dalam bahasa Indonesia tetapi memiliki arti kata yang sebenarnya berbeda.

  1. Evidence dan Proof

Ketika kamu pulang ke rumah dan menemukan foto yang terpajang di dinding pecah, kamu mengira bahwa hal tersebut dikarenakan bingkai yang sudah tua sehingga rapuh dan akhirnya terjatuh.  Pecahan bingkai tersebut adalah bukti dalam pengertian Evidence, bukan Proof.  Dugaan tersebut belum cukup kuat untuk disebut Proof  karena belum mengarah pada kesimpulan yang dianggap benar dan final, ada banyak teori yang dapat dimunculkan berdasarkan bukti tersebut.

Sedangkan Proof  adalah bukti kuat yang bisa dijadikan landasan bahwa susuatu itu benar adanya dan tak bisa dipatahkan.  Maka perlu banyak evidence untuk mencapai proof.

  1. Between dan Among

Kata Between digunakan ketika kamu berbicara tentang dua, tiga atau lebih hal yang kamu sebutkan secara spesifik sehingga kamu menyebut masing-masing sebagai individu yang berdiri sendiri.

 Berbeda dengan Among yang digunakan ketika kamu berbicara tentang tiga hal atau lebih dengan disebut secara keseluruhan atau tanpa spesifikasi. Perhatikan dua kalimat tersebut.

She is walking among the girl (dia berjalan diantara para gadis)

Maudy was really confused to choose between Stanford or Harvard (Maudy sangat bingung untuk memilih antara Stanford atau Harvard)

            Sudah menemukan perbedaan antara keduanya?

  1. Dialogue dan Conversation

Dalam bahasa Indonesia, dialogue dan conversation memiliki arti yang sama yaitu percakapan. Namun ternyata terdapat perbedaan diantara keduanya.  Dalam Oxford Dictionary, kata Dialogue mempunyai pengertian bahwa percakapan yang dibahas memiliki tujuan tertentu atau diisyaratkan untuk penyelesaian konflik maupun mencari jalan keluar dan bukan hanya sekedar percakapan biasa dengan topik yang ringan dan tidak serius.

            Sedangkan Conversation tidak memiliki kekhusuan dalam percakapan dan topiknya dapat berupa topik ringan maupun serius serta dapat bergant-ganti topik selama percakapan berlangsung dan tidak mengisyaratkan untuk menyelesaikan konflik atau mencari solusi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.