Pelepasan Peserta KKN Sisdamas 2018

JURNALPOSMEDIA.COM — Rektor UIN Bandung, Mahmud secara simbolis melakukan pelepasan peserta Kuliah Kerja Nyata  Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) angkatan 2015 tahun 2018 di halaman Gedung Solahudin Sanusi UIN Bandung, Senin (30/07/2018). KKN tahun ini diikuti sebanyak 5224 peserta yang terbagi menjadi 400 kelompok digelar mulai dari 31 Juli hingga 31 Agustus 2018 mendatang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Bandung, Munir mengatakan KKN kali ini digelar di 6 tempat di wilayah Kabupaten Bandung dan wilayah lain. “Untuk sekarang ada 6 tempat, khususnya di Kabupaten Bandung dan wilayah lain,” kata Munir.

Wilayah tersebut diantaranya Kabupaten Bandung (135 Desa), Kota Banjar (1 Desa), Kabupaten Pangandaran (1 Desa), Kabupaten Cianjur (1 Desa), Kelurahan Cipadung, Kota Bandung (1 Desa) dan di Thailand (khusus untuk mahasiswa asal Thailand).

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Bandung, Ramdani Wahyu Sururie mengatakan KKN tahun ini dikonsentrasikan di Kabupaten Bandung atas permintaan Bupati Bandung. “Sekarang mayoritas di Kabupaten Bandung, pertama karena tiga lokasi yang sudah kita isi di tahun sebelumnya, tinggal Kabupaten Bandung  dan Bupatinya meminta agar mahasiswa kita KKN disana dalam rangka melaksanakan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU),” katanya.

Lebih lanjut, Ramdani menjelaskan pertimbangan lain adalah Kabupaten Bandung tidak mengikuti pilkada 2018 sehingga relatif steril dari kepentingan-kepentingan politik. Selain itu, mahasiswa KKN juga dibekali untuk ikut terlibat dalam program Citarum Harum dan  peserta KKN ikut bersama Satuan Tugas (Satgas) sektor 21 untuk melaksanakan penghijauan di titik-titik yang dialiri oleh sungai Citarum.

Dengan dilaksanakannya KKN Sisdamas, Ramdani berharap mahasiswa dapat mengasah kepekaan sosial dari pengalaman yang didapatkan. “Semoga mahasiswa mampu menerapkan keilmuan yang telah didapatkan selama pembelajaran di kampus,” pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.