PDKT, Ciptakan Generasi Berkarakter Dengan Semangat Berorganisasi

JURNALPOSMEDIA.COM— Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurnalistik UIN Bandung kembali menggelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terstruktur (PDKT), dengan mengusung tema ‘Menciptakan Generasi yang Berkarakter Dengan Semangat Berorganisasi’. Acara ini berlangsung selama dua hari pada 24-25 Maret di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan berlanjut di Villa Taman Firdaus Lembang.

PDKT merupakan acara tahunan yang dilaksanakan setelah mengikuti Kegiatan Orientasi Mahasiswa Anyar (KOMA), dengan tujuan sebagai pengantar serta melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa Jurnalistik dalam memasuki organisasi yang terstruktur. Dalam rangkaian acara, beberapa materi ikut disampaikan, salah satunya yaitu mengenai ‘Retorika dan Protokoler’.

Pupi Indriati Zaelani sebagai pemateri menjelaskan bahwa, menurutnya Retrorika itu sebuah seni yang berbicara,  dengan beretorika ada tujuan yang nyata yaitu bagaimana cara untuk mempengaruhi audiensi. “Ada beberapa tips agar tidak tegang saat mempengaruhi audiensi yaitu senyum, kontak dengan audiensi, serta jangan lupa untuk tetap rileks,” katanya.

Menurut salah seorang peserta Hasya Azizah Zahra mengatakan, materi yang disampaikan mengenai retorika sangat bermanfaat. Selain dapat memberikan pengetahuan tentang berbicara yang baik dan benar, bahkan secara tidak langsung dapat melatih diri untuk mengajak orang berbicara di depan umum.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.