Para Pecinta Kucing Mengecam Kasus Penjagalan di Medan

JURNALPOSMEDIA.COM – “Ini benar-benar perbuatan yang sangat tidak pantas, segala bentuk penyiksaan hewan harus ditindaklanjuti agar pelaku bisa ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap Founder komunitas Catlovers Kucingkitta asal Medan, Bunga Sahara saat dihubungi Jurnalposmedia Minggu (7/2/2021) melalui pesan singkat.

Kasus penjagalan yang viral di sosial media menuai banyak kecaman publik, tak terkecuali para komunitas pecinta kucing dan pecinta hewan. Mereka mengecam perbuatan itu dianggap tidak pantas dilakukan. Bunga pun mengaku ia bersama komunitasnya akan terus mengawal kasus hingga akhir.

“Langkah terakhir kami tinggal mengumpulkan barang bukti untuk keperluan penyelidikan. Dengan goals-nya kasus ini maka akan jadi tombak untuk kami memberantas penjagal kucing lainnya,” tambahnya.

Kasus yang berawal dari postingan Instagram @soniarizkikarai menjadi viral. Ia menceritakan bagaimana ia menemukan kucingnya yang hilang selama dua hari di tempat penjagalan kucing dalam keaadan tubuhnya terpotong-potong dalam karung. Hal ini pun menuai banyak kecaman di media sosial dari berbagai daerah di Indonesia.

Tak hanya di Medan, Komunitas Pecinta Kucing di kota Bandung pun menyayangkan akan penjagalan kucing yang terjadi. Salah satu anggotanya, Rossa turut angkat bicara.

“Saya menyayangkan kasus ini, soalnya setau aku kucing dan anjing bukan untuk dikonsumsi. Daging mereka pun (kucing dan anjing) dapat menularkan penyakit karena kebanyakan diambil dari jalanan,” ungkapnya kepada Jurnalposmedia Senin (8/2/2020).

Ia pun menambahkan viralnya kasus ini diharapkan bisa menjadi lahan edukasi masyarakat.

“Ya baguslah, biar menjadi contoh dan lahan edukasi kalau hal seperti itu (penjagalan kucing) sebenarnya merupakan hal yang tidak baik,” tambahnya.

Rossa menambahkan bahwa kasus seperti ini menjadi pengingat khususnya bagi para pecinta kucing agar menjadi lebih berhati-hati dalam merawat dan mengawasi hewan peliharaannya. Serta tidak lupa memberikan perhatian lebih kepada kucing jalanan yang kerap menjadi korban penjagalan.

Para pecinta kucing pun berharap penegakan hukum harus lebih tegas terhadap kasus seperti ini, seperti yang diungkapkan Bunga.

“Penegakan hukum lebih tegas lagi, dan edukasi juga melalu televisi pemerintah, seperti iklan masyarakat gitu,jadi banyak kalangan masyarakat yang teredukasi,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.