Nostalgia 7 Jajanan Hits Masa SD

JURNALPOSMEDIA.COM-Masa-masa Sekolah Dasar (SD) adalah saat yang tidak terlupakan. Saat itu kita hanya disibukkan dengan belajar, bermain, dan tentunya berkelana berburu jajanan di sekitar sekolah. Bel tanda istirahat pun menjadi momen paling ditunggu-tunggu, kita lantas berbondong-bondong keluar dari dalam kelas untuk berebut membeli jajanan.

Walaupun sederhana dan murah meriah, cita rasa kudapan khas Sekolah Dasar masih terkenang hingga kini. Jajanan tersebut biasanya tersedia di depan gerbang sekolah. Hayo, siapa yang merindukan jajanan favorit semasa SD dulu? Beberapa jajanan di bawah ini, akan membangkitkan kenangan masa “putih-merah” kita. Yuk, disimak.

1. Mie Lidi
Sumber: cookpad.com

Jajanan ini memang dikenal tidak menyehatkan karena rasa asin dan pedasnya yang menyengat. Namun, gurihnya Mie Lidi tetap membuat penikmatnya ketagihan. Banyak orang bilang camilan ini berasal dari Bandung, tapi jajanan yang biasa disebut Lidi-lidian ini mengadopsi mie yang berasal dari Jepang.

2. Telur Gulung
Sumber: fooddetik.com

Camilan ini sudah ada sejak tahun 90-an dan kini kembali populer dengan variasi yang lebih unik, lho. Telur yang dikocok dengan sedikit tambahan garam ini digoreng kemudian disiram oleh saus. Jangan salah, walaupun sederhana jajanan ini sangat digemari oleh anak SD. Semula dijual Rp 500, sekarang Telur Gulung dihargai Rp 2000-an.

3. Telur Congkel
Sumber: Indozone

Kudapan yang satu ini sudah tidak asing lagi, bukan? Kita pasti hafal dengan sang penjual yang sudah standby, menghadap tanggungan yang berisi kompor serta cetakan telur di atasnya. Jajanan ini menjadi favorit dan sering diburu banyak anak sekolah karena harganya yang murah. Tak heran, anak-anak seringkali berkerumun untuk melihat cara memasak Telur Congkel yang unik.

4. Gulali “Rambut Nenek”
Sumber: cookpad.com

Jajanan ini berasal dari kota Malang, namun ada juga yang menyebutnya dari Lamongan. Camilan ini terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air. Rambut Nenek merupakan jajanan populer sejak tahun 90-an, dahulu namanya adalah Arbanat. Dinamai Rambut Nenek, karena awalnya camilan ini berwarna putih seperti uban.

5. Kue Cubit
Sumber: kaskus.co.id

Ada juga kudapan berbentuk imut serta bernama unik, yaitu Kue Cubit. Nama kue ini sebenarnya diambil dari proses pembuatannya. Pedagang akan memasukan adonan kue tersebut ke dalam cetakan kecil, lalu setelah matang pedagang akan mencubit kue-kue itu.

6. Es Potong
Sumber: rumahmesin.com

Jajanan yang sudah mulai langka ini memiliki rasa yang cukup bervariasi, mulai dari ketan hitam, kacang hijau, cokelat, maupun alpukat. Es Potong yang ditusuk dengan batang bambu ini lebih nikmat jika dicelup ke dalam saus cokelat. Saat kita menggigitnya, saus cokelat yang membeku di atas Es Potong akan terasa crunchy.

7. Permen Rokok
Sumber: ngalam.co

Bagi yang kini berusia 20-an pasti ingin tertawa mengingat pengalaman menyesap “rokok bohongan”. Jajanan ini sebetulnya adalah permen berlapis kertas, yang mirip dengan rokok asli dan dilinting sedemikian rupa. Umumnya, permen yang berisi susu bubuk rasa coklat ini digemari anak-anak lelaki untuk dijadikan mainan sebelum dinikmati isinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.