Menyusuri Tapak Tilas Soekarno di Kota Bandung

JURNALPOSMEDIA.COM-Organisasi kelompok belajar di Bandung, Geostrategy Study Club (GSC) menggelar Tour Sejarah “Napak Tilas Soekarno di kota Bandung”. Rangkaian kegiatannya berupa kunjungan ke tiga tempat bersejarah, yang berhubungan dengan kehadiran Presiden Pertama Indonesia, Soekarno di kota Bandung, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Pledooi Indonesia Menggugat oleh masing-masing peserta, serta diarahkan untuk dapat menjelajahi pemikiran-pemikiran dari Soekarno. Dilanjutkan dengan mengunjungi tiga tempat, yaitu Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Lapas Banceuy dan Museum Konferensi Asia Afrika. Tujuan kunjungan tersebut guna mengetahui artefak-artefak peninggalan Soekarno.

Direktur GSC, Furqan A. M. C menjelaskan alasan memilih ketiga tempat tersebut karena dinilai otentik dan fenomenal dari proses perjalanan Soekarno, “Alasannya, karena otentik, nyata dari proses bung karno dan itu fenomenal sebenarnya, ” ujarnya

Lebih lanjut, Furqan juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta bangsa dan negara. Lebih otentik dengan mulai mengenal bagaimana sejarah bangsa ini di bangun. Ia juga mengatakan bahwa menelusuri jejak soekarno adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menelusuri semangat dan jiwa bangsa Indonesia.

Furqan berharap peserta acara tour sejarah ini untuk dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang lebih tinggi. Lalu, menularkan pengalamannya kepada orang-orang disekitarnya, sehingga dapat melihat Indonesia dengan lebih dekat dari sejarahnya.

Peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Ternate, Bekasi dan juga Bandung. Terlihat para peserta dapat menikmati berbagai rangkaian acara yang diadakan oleh GSC, salah satunya Vino. Peserta yang datang jauh dari Ternate ini mengaku terharu saat mengikuti kegiatan tour sejarah ini.

“Saya merasa terharu seakan-akan saya tersugesti dengan dimana saya itu bisa berada ditengah-tengah perjuangan Bung Karno saat itu,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.