Menikmati Clorot, Kuliner Unik Khas Kota Purworejo

JURNALPOSMEDIA.COM–Purworejo, salah satu kota kecil di Provinsi Jawa Tengah ini rupanya menyimpan sejuta keindahan dan beragam budaya. Di penjuru kotanya, banyak wisatawan yang menyempatkan singgah atau bahkan sengaja berwisata. Mereka datang entah karena budayanya yang memikat, tempat wisatanya yang mengagumkan, atau kulinernya yang menggugah selera.

Salah satu daya tarik Kota Purworejo yakni Alun-Alun Purworejo.  Alun-Alun Purworejo menjadi tempat andalan guna melepas lelah maupun penat seusai jalan-jalan di Kota Purworejo. Di sini, tersedia bermacam kuliner ringan hingga berat khas Purworejo. Setelah ditata dengan apik, Alun-Alun Purworejo menjadi tempat favorit nongkrong para kawula muda.

Menikmati sore di Alun-Alun Purworejo, kurang afdal jika tidak ditemani kuliner khas kota bermoto Purworejo Berirama ini. Ialah Clorot, penganan dengan bentuk unik bercita rasa manis, gurih, nan legit dijamin memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Bagi sebagian orang, nama Clorot mungkin terdengar aneh. Biasanya, Clorot banyak dijajakan di pasar tradisional. Clorot terbuat dari tepung beras, tepung ketela atau kanji, garam, kapur sirih, gula merah, santan dan tambahan pewangi alami berupa daun pandan. Cara pembuatannya tidak seaneh namanya, cukup dengan mencampurkan semua bahan sembari diaduk hingga rata selama kurang lebih 30 menit.  

Setelah menjadi adonan kental, maka Clorot siap dimasukkan ke wadah atau urung yang terbuat dari daun kelapa muda atau biasa disebut janur kuning, lalu siap dikukus hingga matang. Janur pembungkus Clorot diulin sedemikian rupa hingga menyerupai terompet kecil. Selain bentuknya yang unik, makanan sejenis jenang ini juga memiliki cara menyantap yang tak kalah unik. Kebanyakan orang akan membuka cangkang Clorot dari atas seperti memakan es krim. Namun, cara yang benar ialah dengan menusuk bagian bawah Clorot menggunakan jari hingga isinya menyembul.

Bentuknya yang bulat panjang berwarna cokelat, lembek namun kenyal membuat siapapun akan tersenyum sebelum memakan Clorot yang perlahan keluar dari cangkangnya setelah ditusuk dengan jari. Rasa penasaran pun terbayar ketika melihat Clorot perlahan mulai menjulur keluar bercampur sensasi unik yang semakin menambah nikmatnya gigitan pertama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.