Mengenal Inferiority Complex Dalam K-Drama True Beauty

JURNALPOSMEDIA.COM – True Beauty merupakan drama komedi romantis adaptasi Webtoon asal Korea Selatan. Drama ini tayang perdana pada 9 Desember 2020 dan tamat pada tanggal 5 Februari 2021.

Bercerita mengenai siswi SMA pindahan bernama Im Ju Kyung (diperankan oleh Moon Ga Yeong). Ia menjadi korban bully di sekolah lamanya karena dianggap jelek. Merasa rendah diri, ia pun mulai belajar make up hingga terlihat lebih cantik dan menyembunyikan wajah aslinya.

Diselingi kisah cinta segitiga dengan dua laki-laki tampan di sekolah barunya, Lee Su Ho (diperankan Cha Eun Woo) dan Han Seo Jun (diperankan Hwang In Yeop). Drama ini berhasil membangun chemistry antar pemain dengan apik serta menyampaikan pesan tentang pentingnya mencintai diri sendiri apa adanya.

Walaupun berupa cerita fiksi, nyatanya True Beauty mengangkat konflik yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Yakni kondisi rendah diri atau inferiority complex. Seringkali orang-orang menyamakan inferiority complex dengan insecure, namun nyatanya dua hal tersebut berbeda.

Insecure atau minder adalah perasaan tidak percaya diri. Sebagai manusia normal, setiap orang pasti pernah merasakannya. Sebab tingkat kepercayaan diri seseorang memang bersifat fluktuatif. Kadang tinggi kadang rendah, tergantung mood tiap individu.

Sebagian besar kondisi insecure disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan fisik atau materi. Bentuk tubuh, raut wajah, warna kulit atau cacat fisik. Insecure tidak perlu terapi khusus. Asalkan ia berupa gejala biasa yang lekas hilang.

Hal tersebut mulai dianggap berbahaya jika sudah berubah menjadi suatu pola pikir yang akhirnya melekat menjadi kepribadian seseorang. Inilah yang disebut dengan inferiority complex.

Pengertian sederhana inferiority complex ialah kondisi rendah diri yang timbul akibat konflik dalam diri seseorang. Sebuah konflik yang terjadi antara keinginan untuk diperhatikan dan rasa takut untuk dipermalukan. Sehingga setiap kegiatan yang ingin dilakukan selalu dibatasi oleh kedua hal itu.

Dalam drama ini, kita diperlihatkan bahwa Im Ju Kyung takut menunjukan wajah tanpa riasannya. Karena takut di-bully kembali di sekolah barunya. Hal tersebut tentu saja menunjukkan kondisi inferiority complex.

Lalu bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut?

  1. Kamu bisa memulainya dengan berhenti membandingkan diri, entah itu melalui social media atau dalam kehidupan nyata.
  2. Mulai mengerjakan segala hal semaksimal mungkin tanpa menjadikan pencapaian orang lain sebagai tolak ukur kesuksesanmu.
  3. Memahami potensi apa yang ada dalam dirimu. Kenali apa yang kamu sukai dan kuasai sehingga hal tersebut dapat membuatmu bahagia tiap mengerjakannya.
  4. Buatlah catatan perkembanganmu, hargai tiap usaha yang telah kamu lalui untuk meraih apa yang kamu inginkan.
  5. Ingatlah setiap pencapaian yang telah kamu raih sekecil apapun itu.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.