Meluruskan Perspektif, Indie Bukanlah Genre Musik

JURNALPOSMEDIA.COM– Belakangan ini musik indie di Indonesia begitu booming dan cukup mendominasi di berbagai chart musik tanah air. Hal tersebut memberi arti bahwa musisi indonesia kini tak perlu bergantung pada sebuah label agar bisa sukses dan mengambil hati para pecinta musik.

Sedikit mengulas arti musik indie bukanlah sebuah genre yang terkadang disalah artikan oleh banyak orang. Banyak orang beranggapan bahwa musik indie adalah salah satu genre musik seperti pop, metal, RnB, jazz, Hip Hop, ataupun Raggae. Tetapi nyatanya musik indie tidak ada kaitannya dengan substansi atau gaya musik tertentu. Dikatakan musik indie dilihat dari segi pembuatan dan pendistribusian musiknya saja.

Di Indonesia telampau banyak musisi indie yang karya-karya nya sangat memikat. Lagu yang diciptakan mereka memiliki makna mendalam dan membuat penikmat nya terbawa suasana, hal tersebut menjadi alasan seseorang menyukai musik indie. Inilah beberapa lagu indie yang bisa menjadi playlist baru kalian penggemar musik tanah air.

  1. Delika – Tegar Bersandar

Band yang memiliki dua vokalis ini, mempunyai karakter vokal yang sangat unik, dan tidak akan membuat pendengarnya bosan. Lagu folk milik mereka salah satunya yaitu Tegar Bersandar, bercerita tentang perasaan seseorang saat kehilangan sesuatu yang amat berharga.

  1. Faldes Arya – Jalanku Pulang

Karya musisi asal bogor yang gemar traveling ini memiliki daya tarik yang berbeda, karena kegemaran nya tersebut ia mendapat banyak inspirasi dari perjalanan nya saat melihat alam yang indah. Lagu berjudul Jalanku Pulang pun merupakan salah satu hasil karya faldes.

  1. Senar Senja – Dialog Hujan

Salah satu karya band indie yang unik, memiliki lirik yang singkat tetapi memberi makna dan kesan yang amat dalam bagi pendengarnya. Apalagi musik yang mendukung membuat pendengar terbawa suasana sendu.

  1. Sampai Jadi Debu – Banda Neira

Lagu yang diciptakan oleh Nanda yang merupakan personel dari Banda Neira ini terinspirasi oleh kisah cinta sang kakek dan nenek yang hingga akhir usia perasaan nya tak lekang oleh waktu. Oleh karena itu, lagu ini di dedikasikan untuk mereka.

  1. Senja Di Ambang Pilu – Danilla

Musisi muda Indonesia yang sangat berbakat dan selalu menghasilkan karya yang cemerlang. Salah satu lagu nya yang banyak di gemari adalah Senja Di Ambang Pilu. Menurut Danilla lagu nya ini mengenai rasa rindu yang muncul di sore hari.

  1. Resah – Payung Teduh

Siapa yang tidak mengenal payung teduh, salah satu band indie paling dicintai oleh penikmat lagu indie. Salah satu lagu populer yang memberi makna mendalam yaitu Resah. Lirik dalam lagu ini bercerita tentang seseorang yang mengakhiri masalah percintaan nya dengan cara yang salah.

  1. Wish You Were Here – Endah n’ Rhesa

Alunan musik yang sangat menyentuk ditambah makna lirik yang membuat pendengar terbawa perasaan ini sangat cocok didengarkan saat sedang merasakan kerinduan kepada orang-orang yang dicintai.

Itu dia beberapa lagu yang dapat menambah playlist kalian penikmat musik indie. Semoga musik indie di Indonesia bisa terus memberikan karya-karya kreatif yang dapat digemari banyak orang dan mampu menembus pasar internasional.

Leave A Reply

Your email address will not be published.