Melihat Peluang dalam Bisnis di Internet

Di era modern saat ini, dengan adanya internet setiap orang dapat menjalankan bisnis menjadi semakin universal. Bila biasanya memasarkan produk atau jasa secara manual yang biasa dilakukan di tempat usaha berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis, sekarang bisa menjual produk atau jasa di internet menggunakan website, pasar menjadi lebih luas. Tinggal putuskan, ingin fokus untuk menjangkau pasar yang mana. Perbedaan bila berjualan offline dengan berjualan online yaitu, bila berjualan offline atau manual, calon pembeli dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko, tetapi dengan berjualan online bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet di manapun mereka berada yang membuka website atau aplikasi penjualan online. Kita dapat membuka pasar baru seketika. Karena itu bagaimana cara memulai bisnis online?

Saat ini jika ingin menjadi pengusaha di online/sosial media sangatlah mudah dengan tersedianya banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk bberjualan tanpa harus ribet dan sulit, selain website ada juga beberapa aplikasi penjualan melalui daring yang cukup menjanjikan yaitu, shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan lain-lain. Sangatlah mudah bagi kita sebagai pemula yang ingin berjualan dengan modal yang tidak banyak.

Sebagai awal untuk memulainya, tentunya harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana. Di website atau aplikasi lainya, bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang akan di tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi. Foto atau gambar dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan secara daring agar calon pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya dan dengan data produk yang detail, calon pembeli bisa memutuskan langsung jika mau membeli atau tidak pada saat itu juga.

Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan satu ‘klik’ saja.

Fenomena ini merupakan sebuah peluang tersendiri untuk membuka bisnis secara online. Saat ini banyak toko grosir yang menjual pakaian harga grosir dengan hanya membeli secara ecer atau satuan. Kita dapat mencarinya dengan mudah di internet. Sehingga kita hanya perlu mempromosikan produknya dan memesan ketika ada orang yang membeli produk tersebut kepada kita. Sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Saat ini sangat mudah jika ingin berjualan online banyak faktor agar produk yang kita jual bisa membuat pembeli/konsumen tertarik misalnya, dari cara penyajian produk, kualitas barang yang dijual, script yang digunakan, berbayar/tidaknya hosting yang digunakan atau bahkan penggunaan sosial media yang digunakan, cara pembayaran, metode jual-beli, standar keamanan, dan lain-lain. Jika di awal perkembangannya online-shop menggunakan hosting tersendiri, sekarang banyak yang menggunakan sosial media yang sudah ada atau bahkan menggunakan layanan gratis yang telah disediakan oleh smartphone atau aplikasi yang ada.

Penjualan melalui Online-shop saat ini berkembang sangat cepat bahkan lebih cepat dari yang kita bayangkan sebelumnya, mungkin karena pelanggan yang dapat dijangkau oleh online-shop ini sangat tidak terbatas, bukan hanya teman, tetangga, satu kota saja, tapi juga bisa menjangkau pelanggan dari luar kota bahkan dari belahan dunia yang lain. Demikian juga dengan para enterpreneur itu sendiri, mereka pun tidak perlu memproduksi sendiri barang yang mereka jual, mereka juga menggunakan internet untuk memperoleh barang yang akan dijual, tidak dari lingkungan sekitar, tapi bisa dari tempat lain yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Bisnis di internet tentunya sangat menjanjikan jika kita menggeluti dan tekuni karena untuk saat ini penghasilan atau omset yang dihasilkan dari jualan secara daring bisa melebihi pengusaha – pengusaha yang real dalam dunia nyata misalnya, mall, pasar dan lain-lain. Jadi jika kita ingin berjualan online tentunya ada sebuah strategi peperangan yang harus kita hadapi dan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan seperti ; Niat yang kuat, Jalani proses nya, Sabar, Jujur dan Tekun dalam menjalani usaha yang kamu jalani saat ini”. Ingat seberapa kecil usaha yang kita jalani kita tetap lah Bos nya, tetapi jika kita kerja di kantor seberapa tinggi jabatan kita, kita tetaplah karyawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.