Meidito, Kreator Desain Transformasi Grow Up

JURNALPOSMEDIA.COM – Karakter tokoh kartun Spongebob Squarepants dan Patrick Star merupakan serial animasi populer dari Nickeledeon. Uniknya, karakter kartun tersebut diilustrasikan menjadi tokoh manusia oleh salah seorang kreator desain, Meidito Dian Pramudya.

Unggahan transformasi tokoh kartun tersebut ia bagikan melalui laman media sosial Twitter. Terkhusus unggahan terakhirnya, Spongebob Squarepants dan Patrick Star. Sejumlah komentar positif pun memenuhi unggahan tersebut. Adapun pemilik akun @meiditoo ini memiliki pengikut sebanyak kurang lebih 32 ribu orang.

Meidito mengaku, awal mula dirinya terinspirasi untuk mengubah tokoh kartun karena sejak kecil ia menyukai konsep “transformasi”. Begitupun alasan lainnya karena tontonan Digimon, Pokemon dan kartun lainnya yang sering berubah bentuk di setiap filmnya.

“Dari situ saya berpikir bagaimana kalau kartun-kartun seperti Doraemon, Upin & Ipin dan lain-lain saya ubah. Misalnya menjadi karakter yang lebih mature atau dewasa. Di mana yang sering kita lihat, kartun ini dari dulu saya kecil sampai sekarang bentuknya masih anak-anak,” ungkapnya kepada Jurnalposmedia melalui direct message di Twitter, Senin, (6/7/2020).

kreator desain
Tokoh kartun Upin & Ipin yang bertransformasi menjadi sosok dewasa. (Twitter/meiditoo).

Bukan hanya Spongebob dan Patrick, ilustrasi grow up yang dibuat Meidito antara lain Doraemon, Naruto, Upin & Ipin, serta Shincan. Diakui Meidito, dirinya cukup senang mendapatkan ulasan positif dari banyak orang. Terlebih lagi, jika karyanya dapat membuat banyak orang merasa terhibur.

Kendati demikian, ada pula sejumlah ulasan berupa komentar kritikan. Menurutnya, beberapa orang melayangkan komentar tidak suka karena kartunnya diubah ke bentuk yang lebih dewasa. Namun, Meidito memahami hal itu. Menurutnya, dalam dunia ilustrasi FanArt, perubahan yang ia lakukan masih dikatakan wajar. Pun, ia tidak pernah menanggapinya secara serius.

Lebih lanjut, Meidito mengaku pernah merasakan hadirnya kerumitan tersendiri, seperti halnya mencari banyak referensi outfit yang sesuai dengan tokoh. Khususnya, mengikuti karakter dari kepribadian tokohnya, “Enggak jarang juga cari dari outfit artis-artis dalam atau luar negeri,” katanya.

Memulai jenjang karirnya, Meidito mengatakan sedang mencoba serius membuat Webtoon. Guna memenuhi karya transformasi grow up nya, ia kerjakan seminggu sekali. Hal itu pun dilakukannya seusai kerja dan membuat komik. Sebagai kreator desain, ia mengatakan bisa belajar banyak hal yang tidak didapatkan di bangku sekolah.

“Bisa dapat teman di dunia desain atau ilustrasi. Baik di dunia nyata ataupun dari media sosial. Semoga design creator di Indonesia semakin banyak menghasilkan karya. Tentunya, bisa dinikmati banyak orang dan dikenal di Indonesia maupun dunia,” ungkapnya.

Menurut salah seorang pengikutnya di Twitter, Levicha Charlamita, mengungkapkan bahwa ilustrasi milik Meidito benar-benar unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Menurutnya, Meidito bisa membuat karakter menjadi berbeda.

“Dia bisa memvisualisasikan karakter kartun menjadi sosok manusia asli seperti di kehidupan nyata. Pertama kali suka gambarnya karena benar-benar hidup dan tampan. Dia juga selalu membagikan ilustrasinya untuk bisa diwarnai sama orang lain,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.