Manfaat Charcoal Bagi Kesehataan

JURNALPOSMEDIA.COM-Charcoal disebut juga dengan arang atau karbon. Charcoal adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati keracunan atau overdosis obat-obatan. Charcoal akhir-akhir ini juga menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang digemari para beauty blogger. Berbagai nutrisi yang terkandung di charcoal dipercaya efektif membuat kulit jadi makin cerah, halus, bersih dan terbebas masalah.

Charcoal yang dibuat khusus untuk obat-obatan disebut dengan arang aktif. Guna membuat arang aktif, arang biasa dipanaskan dengan gas sehingga menimbulkan banyak ruang (pori-pori) di dalamnya. Pori-pori inilah yang membantu menangkap arang aktif yang nantinya menjadi zat pendukung obat.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh charcoal yang patut kamu coba untuk perawatan kulit. Melansir dari Boldsky.com, kamu bisa menggunakan charcoal untuk beragam perawatan kulit. Penasaran perawatan apa saja yang bisa dilakukan dengan charcoal dan apa manfaatnya buat kesehatan juga kecantikan kulit? Simak yang berikut ini.

  1. Detoksifikasi kulit
    Banyak polutan di udara membuat banyak masalah pada kulit. Itulah mengapa penting untuk mendetoksifikasi kulit setiap minggu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan charcoal sebagai masker wajah di rumah.
  2. Membersihkan pori-pori
    Kotoran, sel kulit mati, dan racun dapat menutupi pori-pori dan menyebabkan kondisi kulit terganggu. Namun kamu bisa menggunakan charcoal untuk menyingkirkan semua kotoran dan membersihkan pori-pori.
  3. Mengobati jerawat
    Sifat anti-radang yang terkandung pada charcoal membuatnya menjadi obat untuk jerawat. Aplikasikan charcoal setiap akhir pekan untuk mencegah jerawat timbul.
  4. Menyerap minyak berlebihan
    Minyak berlebihan membuat kulit kamu tampak berminyak dan menyebabkan berbagai kondisi kulit yang lebih parah. Charcoal akan membuang minyak berlebihan dan membantu kulit tampak segar.
  5. Menghilangkan komedo
    Komedo kerap kali muncul di T-zone pada wajah. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan charcoal di area yang terdapat komedo. Cobalah menggunakan metode ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.
  6. Memperbaiki permasalahan kompleksi pada kulit
    Charcoal bisa memperbaiki kondisi kulit yang mengalami beberapa masalah dalam waktu bersamaan. Charcoal bisa mengeluarkan bakteri dan kotoran yang membuat kulit terlihat kurang berkilau. Gunakan charcoal untuk mendapatkan kulit lebih cerah dan bercahaya.
  7. Menghilangkan whitehead
    Whitehead sendiri termasuk ke dalam jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, bakteri, dan minyak menyumbat pori-pori. Munculnya whitehead ini bisa membuat kulit tampak bergelombang dan tidak sehat. Kamu bisa menggunakan charcoal untuk menghilangkan whitehead dan kulit akan halus dalam beberapa menit.
  8. Melembutkan kulit
    Penggunaan riasan teratur dan paparan kotoran dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. Kamu bisa menggunakan charcoal untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut serta lentur.

Risiko yang mungkin ditimbulkan dari arang aktif

Meskipun zat arang yang telah diaktifkan menawarkan berbagai khasiat yang mujarab, anda perlu memerhatikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Sejauh ini, activated charcoal belum bisa membedakan zat mana yang berbahaya dan mana yang diperlukan tubuh. Sebagai akibatnya, tak jarang zat ini juga akan ikut mengikat berbagai nutrisi dalam tubuh Anda dan membuangnya.

Ketika anda keracunan, hal ini tidak menjadi perhatian utama karena anda harus segera mengeluarkan racun terlebih dahulu. Namun, jika anda konsumsi bersamaan dengan makanan dan minuman yang kaya akan gizi, kemungkinan besar tubuh anda jadi kesulitan menyerap kandungan gizi tersebut karena sudah diikat oleh zat arang. Hal ini juga berlaku saat anda menjalani pengobatan tertentu. Sebaiknya hindari mengonsumsi zat ini jika anda sedang mengonsumsi obat yang diresepkan dokter.

Selain itu, arang aktif juga berisiko menyebabkan dehidrasi. Maka, setiap kali anda menggunakan arang aktif baik sebagai obat dalam atau obat luar, jangan lupa untuk minum air sebanyak-banyaknya, bahkan beberapa jam setelah anda mengonsumsinya. Jangan sampai ada jeda yang cukup panjang di mana anda tidak minum cukup air. Beberapa orang juga melaporkan efek samping berupa diare, muntah-muntah, dan dalam kasus yang sangat jarang terjadi, saluran pencernaan jadi terhambat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.