Mahasiswa UIN Bandung KKN di Berbagai Daerah Jawa Barat

JURNALPOSMEDIA.COM– Sebanyak 5.302 mahasiswa UIN Bandung akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai daerah di Jawa Barat. Upacara pelepasan peserta KKN digelar secara simbolis oleh Rektor UIN Bandung, Mahmud di Kampus 2, Jalan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Rabu, (31/07/2019).

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM), Ramdani Wahyu Sururi mengatakan bahwa 5.203 mahasiswa UIN Bandung peserta KKN dikirim ke berbagai daerah. Terbagi menjadi tujuh daerah, di antaranya Bekasi, Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang. Kemudian Kabupaten Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

“Dari semua mahasiswa yang melaksanakan KKN, ada juga beberapa mahasiswa yang ngajukan untuk melaksanakan KKN di daerah masing-masing. Bahkan ada pula mahasiswa yang berasal dari luar negeri meminta untuk melaksanakan KKN di daerahnya. Ada tiga belas mahasiswa yang melaksanakan KKN di Thailand dan dua puluh dua mahasiswa di Malaysia,” tutur Ramdani.

Ramdhani juga mempersilahkan bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan KKN di luar negeri.

 “Beberapa waktu kedepan saya akan membuka dan mempersilahkan bagi siapapun mahasiswa yang mau melaksanakan KKN di luar negeri. Asalkan mereka mampu menanggung biaya yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung,” ujarnya.

Ia pun menambahkan kegiatan KKN ini sebagai upaya meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sosial.

”KKN ini sebagai upaya pengabdian para mahasiswa terhadap lingkungan sosial masyarakat. (Supaya) mahasiswa mampu mengenal lebih jauh setiap permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sebenarnya,” pungkas Ramdani saat diwawancarai Jurnalposmedia, Kamis (01/08/2019) pagi.

Salah satu peserta KKN Kelompok 95 Desa Ciuyah, Kabupaten Sumedang, mahasiswa Jurusan Sosiologi, Asep Saepul Rahman berharap dapat mengenal lebih jauh kondisi dan masalah yang ada di mayarakat.

“Harapannya agar bisa mengenal lebih jauh setiap seluk beluk yang ada di masyarakat. Mudah-mudahan yang telah dipelajari selama perkuliahan mampu direalisasikan dengan baik selama proses KKN berlangsung,” kata Asep.

Adapun persiapan pelaksanaan KKN membutuhkan waktu yang cukup lama guna merumuskan atau merencanakan rancangan kegiatan. Hal tersebut dilakukan sekitar dua bulan sebelum pelaksanaan KKN.

 

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.