Mahasiswa Baru Ikuti Kegiatan PBAK Tingkat Fakultas

JURNALPOSMEDIA.COM-Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 tingkat fakultas diselenggarakan pada Kamis, (29/7/2019) lalu. Pada kegiatan tersebut para mahasiswa baru mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultasnya masing-masing. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengenalan kepada para mahasiswa baru mengenai fakultas dan jurusannya masing-masing.

Salah satunya Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) terlebih dahulu melakukan mentoring pada pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Setelah itu pengenalan jurusan dari setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Dilanjutkan dengan arak-arakan yang melibatkan seluruh mahasiswa jurusan di FDK, sambil menyanyikan yel-yel fakultas dan lagu perjuangan mahasiswa (buruh tani). Arak-arakan pun dilakukan dari Gazebo FDK hingga ke depan Aula Abjan Soelaeman.

Arak-arakan berlangsung bukan hanya dari mahasiswa FDK tetapi, mahasiswa dari Fakultas Ushuludin, Fakultas Saintek. Beberapa Fakultas lainnya pun ikut meramaikan kampus 1 UIN Bandung.

Di FDK sendiri, dalam kegiatan PBAK tingkat Fakultas yang berlangsung di Aula Abjan Soelaeman pada pukul 13.30 WIB. Rangkaiannya berupa pengenalan dekanat, penyampaian materi, dan pengenalan ormawa intra (Dema-F, Sema-F, dan HMJ).

Ketua Dema FDK, Muhammad Faisal menjelaskan jika setelah berlangsunya acara tersebut akan diadakan mentoring lanjutan yang berlangsung 2 minggu dengan maksimal 2-3 kali pertemuan di hari yang telah ditentukan. Namun, untuk teknis waktu dan tempat dalam pelaksanaannya belum ditentukan.

“Dari sekitar 900 orang lebih telah dibagi menjadi 37 kelompok yang akan mengikuti mentoring selama 2-3 kali dalam kurun waktu 2 minggu. Mungkin untuk waktu dan tempat masih dalam tahap planning,” ujarnya.

Faisal menambahkan jika kegiatan ini merupakan closing statement dari PBAK 2019 yang diselenggarakan universitas. Terlebih, penting untuk diikuti karena didalamnya akan disampaikan program-program yang akan dilakukan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“Secara sistemik PBAK Fakultas merupakan penutup dari rangkaian agenda kegiatan PBAK Universitas. Lalu, agenda-agenda yang akan dilakukan setelah PBAK Fakultas ini lebih kepada program jurusan atau program Dema Fakultas itu sendiri,” jelasnya.

Adapun dari Fakultas lain, Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mulai melaksanakan PBAK Fakultas pada pukul 07.00 di Aula Anwar Mussyaddad. Dalam acara yang diselenggarakan sampai pukul 13.00 WIB tersebut tidak banyak perbedaan dengan FDK. Yakni, mulai diperkenalkannya pengurus dekanat beserta jajarannya sampai organisasi-organisasi dalam Fakultas dan seluruh HMJ didalamnya dan acara berlangsung tertib.

Salah satu pengurus Dema FTK, Imam Ambrullah menjelaskan, kegiatan PBAK FTK berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena diadakan lebih lama dari biasanya.

“Tahun ini acaranya lebih panjang dari biasanya, dari sebelumnya berlangsung 4 hari, tetapi di tahun ini ditambah dengan kegiatan-kegiatan fakultas sampai tanggal 17 september nanti,” ujarnya

Lebih jelasnya Imam menuturkan jika kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 tahapan inti yaitu grand opening, mentoring, dan closing ceremony. Kegiatan yang dilangsungkan di Anwar Mussyaddad merupakan grand opening yang nantinya dilanjutkan kegiatan mentoring setelahnya. Kegiatan mentoring lanjutan diadakan selama 10 hari dari tanggal 2 sampai 12 September 2019.

Para mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut minimal 5 kali dalam kurun waktu 10 hari yang diadakan oleh pementor terpilih. Setelah itu, di akhir acara yaitu closing ceremony tanggal 17 september diisi dengan pelepasan mahasiswa-mahasiswa baru FTK kepada HMJ masing-masing untuk mengikuti ospek jurusan.

Imam berharap dengan diadakannya PBAK Fakultas para mahasiswa baru dapat mengenal lebih jauh fakultas dan jurusannya. Pun, langkah awal mereka dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa nantinya.

“Penting sekali mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini karena ini adalah rumah baru bagi mereka dan harus diperkenalkan karena ini akan menjadi tempat bagi mereka untuk mencari ilmu, berkreasi, berekspresi, berorganisasi. Selain itu, merupakan gerbang awal bagi mereka dalam mengenal dunia baru sebagai seorang mahasiswa,” pungkasnya

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.